Yuk Ajarkan Si Kecil Rasa Hormat kepada Kakek dan Neneknya!

31 Maret 2014 Artikel Pendidikan


Mengajarkan sopan santun pada anak merupakan salah satu tanggung jawab orangtua. Banyak cara untuk menanamkan norma baik itu. Namun pastinya, menanamkan kebiasaan bersopan santun memerlukan proses yang panjang, butuh konsistensi dan kesinambungan. Jangan pernah berpikir, perilaku santun datang dengan sendirinya pada anak seiring pertambahan usianya. Kebiasaan si kecil yang berteriak-teriak setiap meminta sesuatu, tanpa disertai kata "tolong", akan terus terbawa hingga besar bila tidak segera diluruskan. Sama halnya kala ia tidak mengucapkan terima kasih sewaktu menerima pemberian atau tak mau bersalaman saat bertemu kakek nenek. Untuk itulah norma sopan santun sejak dini perlu dikenalkan orangtua kepada anak. Jangan menyerahkan tanggung jawab ini kepada pihak sekolah.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara agar si kecil menghormati kakek dan nenek nya. Berikut tips yang dikutip dari segiempat.com:

  • Jelaskan betapa pentingnya kakek-nenek. Katakan kepada anak-anak Anda bahwa mereka adalah bagian dari sejarah keluarga, dan ceritakan tentang kakek buyut serta keluarga lainnya. Bantulah mereka untuk memahami bahwa kakek-nenek bukanlah orang tua yang tidak memahami anak-anak. Beritahu mereka bahwa dulunya kakek-nenek mereka juga anak-anak, yang telah mengalami banyak hal.
  • Ajarkan kepada anak Anda arti dari rasa hormat. Anak-anak mungkin berpikir bahwa kakek dan nenek mereka adalah orang-orang baik yang akan memberikan apapun yang mereka apapun yang mereka mau, atau orang-orang suram, kuno, serta suka mengkritik, yang harus mereka hadapi secara terpaksa selama beberapa kunjungan mereka. Sebaiknya, keduanya memiliki hubungan yang berarti, serta penuh kasih sayang.
  • Tunjukkan rasa hormat itu sendiri. Bahkan jika hubungan Anda dan orang tua Anda tidak begitu baik, menghormati mereka didepan anak-anak Anda adalah cara terbaik untuk mengajarkannya kepada anak-anak Anda. cara ini membantu mreka menyadari bahwa bahkan jika mereka tidak selalu sejalan dengan kakek-nenek mereka, anak-anak Anda harus selalu menghormati mereka, karena posisinya didalam keluarga. Cara ini juga bahkan mungkin dapat meningkatkan eratnya hubungan antara anak Anda dengan Anda sendiri.
  • Doronglah komunikasi antara anak Anda dengan kakek-nenek mereka. Jika Anda tinggal bertetangga, Anda dapat mengunjungi kakek-nenek mereka secara berkala. Bahkan hubungan jarak jauh tidak menjadi alasan kurangnya kualitas hubungan mereka berdua. Selain mengirimkan surat, Anda bisa menggunakan email, SMS, ataupun instant messages online melalui internet. Cara-cara ini mungkin tidak sedalam kunjungan pribadi, tetapi semuanya dapat tetap menjaga kontak, serta membuat komunikasi terbuka. Juga, Anda dapat menjaga anak-anak Anda saat mereka online, dengan cara memonitor chat room serta jaringan jejaring sosial lainnya.


Itulah tips yang dapat dilakukan. Semoga bermanfaat!

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)