Yuk Ajarkan Si Kecil Memakai Baju Sendiri

2 Januari 2015 Artikel Pendidikan


Si Kecil yang sedang menginjak usia balita kini sudah saatnya memakai baju sendiri. Bahkan seharusnya sudah bisa memilih pakaian favoritnya untuk dipakai. Keterampilan memakai baju sendiri ini akan menjadi bekal serta pelajaran dalam kehidupannya.

Simak beberapa tips untuk mengajarkan anak Anda memakai baju sendiri.

Siapkan pakaian yang mudah dipakai

Siapkan kaos atau pakaian yang mudah digunakan untuk si Kecil. Hindari kemeja yang berkancing terlalu banyak, tali, resleting sehingga tidak akan menyulitkan si kecil untuk memakai baju.

Taruh pakaian di tempat yang mudah dijangkau anak

Pastikan si Kecil tidak kesulitan mencari dan menjangkau pakaian yang ingin dipakainya. Hal tersebut akan merepotkan ia dan dapat dijangkaunya dengan mudah. Tempatkan di lemari bagian bawah atau ditaruh di rak khusus si Kecil.

Ajarkan perbedaan bagian depan dan belakang pakaian

Si Kecil masih belum bisa membedakan mana bagian depan dan belakang dari pakaian. Maka dari itu, permudah ia dengan menyiapkan baju atau kaos yang membedakan bagian depan dan belakang dengan gambar pada pakaiannya.

Memberitahukan jika ia salah

Pastinya si kecil membutuhkan latihan untuk bisa memakai pakaiannya sendiri. Jika ia masih memakai baju terbalik, sebaiknya Anda tidak lantas memarahinya. Beritahu ia caranya memakai pakaian yang benar. Perlihatkan kepada si Kecil di depan cermin untuk menunjukan kesalahannya lalu memperbaikinya.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)
Tags