Yuk Ajak Si Kecil untuk Bermain Game!

17 Januari 2015 Artikel Pendidikan


Bermain game? Bukankah lebih baik menghabiskan waktu untuk belajar? Banyak orang tua beranggapan bermain game untuk si kecil hanya akan membuang waktu saja. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Penelitian baru di Games Research and Interaction Design Lab dari Queensland University of Technology menunjukkan bahwa anak-anak dengan usia sekitar 2-5 tahun dianjurkan untuk diberikan kesempatan bermain game. Bermain game secara tidak langsung dapat mengembangkan dan merangsang otak anak, mengembangkan imajinasi, melatih kemampuan spasial dan masih banyak manfaat lainnya. Dengan catatan selalu dampingi anak dalam memilih jenis game yang dimainkan serta tidak terlalu lama bermain.

Di zaman yang sudah serba mudah dengan internet, sangat mudah untuk mendapatkan game untuk si kecil. Bisa dipastikan orang tua modern saat ini menggunakan gadget mereka untuk bermain bersama si kecil. Kita harus pandai memilih jenis permainan untuk anak sehingga menunjang kemampuan kognitif maupun akademis mereka. Terutama game yang bergenre edukasi.

Tidak melulu harus belajar lewat buku, atau media yang membosankan lainnya. Dengan bermain game edukasi, si kecil dapat sekaligus bermain sambil belajar.

Kini sudah banyak sekali game yang bertemakan edukasi dari usia prasekolah maupun sekolah dasar. Di Play Store ataupun App Store kini sudah banyak sekali game yang mendidik dan sangat berguna bagi si kecil untuk belajar. Ada apa saja sih ?

Kids Preschool Puzzle Lite


Game tentang menyocokan puzzle ini tersedia di Play Store. Objeknya sangat beragam dari binatang, kendaraan, buah, bentuk, angka dengan desain yang tentunya lucu dan menarik bagi si kecil. Dengan bermain game tersebut, si kecil dapat mengenal warna serta melatih keterampilan anak dalam menyocokan puzzle yang acak.

Marbel Belajar Mewarnai


Salah satu game mewarnai yang menyenangkan buatan EDUCA STUDIO ini mengharuskan si kecil untuk mewarnai gambar yang disediakan. Terdapat 10 pilihan gambar yang menarik untuk diwarnai. Dan untuk setiap warna yang dipilih akan diucapkan sehingga si kecil selain mewarnai juga bisa sambil mengenal warna.

AniWorld Lite


Kalau game yang satu ini mengenalkan si kecil nama-nama hewan yang beragam. Si kecil juga bisa berkesempatan untuk memberi makan peliharaanya. Game ini juga tersedia di Play Store dan dapat diunduh secara gratis.

Bagaimana? Bermain game tidak selalu berdampak negatif bagi si kecil. Banyak sekali metode pembelajaran yang tidak membosankan salah satunya melalui bermain game. Tunggu apalagi, yuk bermain game!

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)