Wow! Inilah 5 Manfaat Tertawa untuk Si Kecil

12 Desember 2014 Artikel Pendidikan


Tertawa merupakan ekspresi seseorang untuk melepas kebahagiaan. Apalagi dengan tawa si kecil yang masih spontan dan lugu. Siapapun pasti akan terhibur dibuatnya khususnya orang tua si kecil.

Tahukah Anda bahwa dalam tawa lugu si kecil terdapat segudang manfaat bagi si kecil?

Tidur lebih nyenyak

Si kecil yang rutin tertawa baik alami atau dengan cara faktor luar, akan membuatnya tidur lebih lelap pada malam hari. Hal ini dikarenakan otot-otot yang rileks setelah tertawa membuat si kecil lebih mudah tidur.

Olahraga

Ketika si kecil tertawaa selama 1 menit maka sama saja ia telah melakukan olahraga selama 20 menit. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Dalam tertawa terdapat sistem saraf yang bekerja dan bisa menggerakan otot-otot perut , dada, bahu dan pernafasan. Semua gerakan ini sama saja seperti jogging di tempat.

Mengatasi rasa sakit

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Profesor Robin Dunbar, psikolog evolusioner di Universitas Oxford, mengungkapkan bahwa tertawa terbahak-bahak, keras dan lama akan merangsang otak untuk melepaskan senyawa kimia yang disebut endorfin. Endorfin inilah yang tidak hanya membuat si kecil bahagia, tapi juga dapat meredakan sakit.

Bentuk interaksi dengan ling kungan

Si kecil yang tertawa mempunyai koneksi bahwa ia sedang belajar berhubungan dengan orang lain. Bahkan si kecil akan bertingkah lucu sehingga lingkungan sekitarnya ataupun keluarganya merasa senang dan balik tertawa.

Meningkatkan imun si kecil

Tertawa pada si kecil ternyata mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil dengan memicu produksi sel-sel limfosit yang bertindak sebagai katalis stres alami dan menyembuhkan berbagai penyakit

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)