Waspadai! Smartphone Bisa Menurunkan Kreatifitas Anda Lho

1 Agustus 2014 Artikel Pendidikan


Teknologi adalah suatu sarana yang di ciptakan manusia untuk mempermudah manusia untuk melakukan kegiatan nya dengan cepat. Pada saat ini banyak sekali macam-macam teknologi yang telah muncul salah satu contoh yang sedang laris saat ini adalah SmartPhone. Saat ini sudah banyak jenis SmartPhone yang beredar di Indonesia dengan keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Kehadiran smartphone memang cukup fenomenal. Sebab, gadget tersebut menawarkan berbagai keunggulan dalam berkomunikasi. Tak heran bila banyak orang tergila-gila atau bahkan kecanduan smartphone. Namun, pernahkah Anda memperhatikan efek negatif dari smartphone tersebut untuk kesehatan Anda?

Yuk, ketahui lebih lanjut tentang efek negatifnya:

1. Dapat Menurunkan Kreativitas

Percaya atau tidak, ponsel pintar dapat meredam kreativitas Anda. Sebab, setiap waktu luang yang dimiliki pasti selalu dihabiskan dengan mengecek media sosial dan membaca status orang lain. Hal ini yang membuat kreativitas menurun dan tidak berkembang.

2. Membuat Tidur Terganggu

Tak sedikit orang menaruh ponsel mereka di samping tempat tidur. Padahal, suara telepon, BBM, atau email yang masuk akan membuat tidur Anda menjadi terganggu. Bahkan, banyak orang tak bisa tidur karena keasyikan bermain ponsel pintar tersebut. Sehingga di pagi harinya menjadi lesu karena kurang istirahat. Akan lebih baik bila Anda mematikan smartphone menjelang tidur agar bisa beristirahat.

3. Sumber Kuman

Tak bisa dipungkiri bahwa hampir setiap saat kita memegang ponsel pintar kemana saja, baik itu saat ke kamar, hingga ke toilet sekalipun. Tanpa sadar, kuman atau bakteri pun menumpuk di smartphone. Oleh karena itu rajin-rajinlah membersihkan ponsel Anda dengan tisu atau pembersih disinfektan sedikitnya satu kali dalam seminggu untuk mengurangi kuman.

4. Mengurangi Produktivitas

Smartphone juga bisa menyebabkan Anda kecanduan dan mengganggu konsentrasi. Bahkan saat bangun tidur, pertama-tama yang akan Anda cari dan lihat adalah ponsel tersebut untuk mengecek email, SMS, BBM, hingga media sosial. Saat di kantor pun juga demikian. Banyak orang yang bekerja menjadi tidak produktif hanya karena mereka selalu mengecek smartphone

5. Kurang Komunikasi

Selalu terpaku dengan ponsel, mengecek status, BBM-an, dan lain sebagainya, membuat Anda menjadi kurang komunikasi dengan orang yang ada di hadapan Anda. Jadi sebaiknya kurangilah waktu Anda untuk mengecek smartphone tersebut dan lebih banyak berkomunikasi dengan orang yang ada di depan Anda. Bukankah berbicara dengan orang yang ada di hadapan kita lebih menyenangkan?

Jadi bijaklah dalam pemakaian smartphone. Semoga Bermanfaat.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)


.