Waspadai Kenakalan Anak yang Cenderung Kasar

3 Agustus 2018 Artikel Pendidikan


Cara mengatasi kenakalan anak memang cenderung begitu sulit dan membuat banyak orang tua merasa frustrasi. Ketika anak melakukan kenakalan-kenakalan, maka banyak hal yang orang tua lakukan mulai dari cara yang lembut hingga cara-cara keras seperti pemukulan terhadap anak. Tentu saja, cara yang kasar tersebut amat tidak dianjurkan dan sudah seharusnya menjadi hal yang tidak boleh dilakukan.

Anak akan berkembang dan tumbuh seiring dengan bertambahnya usia mereka. Berbagai respon akan diberikan akibat pengaruh lingkungan yang mereka dapatkan yang biasanya terlihat dari tingkah laku mereka sehari-hari. Di saat usia itu juga, si kecil memiliki tingkah yang terkadang membuat para orang tua harus menahan amarah dan emosi.

Kenakalan yang biasa ditunjukkan sebenarnya merupakan bagian dari proses pembelajaran kehidupan yang nantinya memberi peluang yang cukup besar terhadap kreatifitas anak. Bahkan, dibarengi dengan kepolosan si kecil terkadang membuat kejadian bertambah lucu. Hanya saja, sebagai orang tua perlu kiranya mewaspadai kenakalan anak yang mengarah pada kekerasan.

Pengaruh keluarga dan perkembangan anak merupakan satu hal yang tidak dapat dipisahkan. Adapun fungsi dari keluarga adalah media atau wadah untuk membentuk karakter si kecil yang masih merupakan tanggung jawab orang tua untuk membimbing. Adapun ajaran yang diberikan bertujuan untuk mengembangkan fisik, intelektual hingga sosial. Yang bila semua elemen ini berjalan dengan ikatan emosional yang kuat, dipastikan si anak akan tumbuh sehat baik jiwa dan raganya.

Jika kondisi di atas tidak didapat secara penuh oleh anak-anak. Sudah tentu akan sangat berpengaruh kepada kejiwaan mereka yang pastinya memberikan dampak sosial pada lingkungan. Kenakalan anak yang kerap ditemui di sekitar tempat tinggal merupakan cerminan dari faktor tersebut yang harus diwaspadai. Untuk itu, pastikan para orang tua untuk terus memantau perkembangan anak merupakan langkah yang tepat dan bijak.

Memberikan banyak kegiatan yang sifatnya merangsang si kecil untuk beraktifitas adalah salah satu cara untuk mengurangi kenakalan anak. Apalagi, bila anak memiliki sifat yang tidak mau diam, tentu memberikan permainan yang mengasyikkan akan membuat rasa aktifnya dapat tersalurkan.

Mendidik dan mengatasi anak adalah tanggung jawab para orang tua untuk itu jika anda merasa kesulitan mengatasi anak yang nakal segeralah cari solusi agar tidak salah dalam mendidik. Bagi orang tua yang kurang paham atau tidak memiliki ide bagaimana memberikan metode yang tepat, ada baiknya berdiskusi dengan pihak yang berkompeten. Dengan saran yang diberikan, diharapkan kenakalan anak dapat berkurang dan tidak mematikan kreatifitasnya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)