Waspada, Smartphone Bisa Ubah Bentuk Otak Anda!

22 Agustus 2019 Artikel Pendidikan


Penggunaan smartphone semakin meningkat dari tahun ke tahun. Smartphone sudah seperti kebutuhan pokok bagi manusia sampai Anda tidak bisa terpisah dengan teknologi yang satu ini. Ketergantungan akan smartphone bisa mengubah bentuk dan fungsi otak manusia!

Para ahli dari University of Zurich, Swiss menemukan bahwa orang-orang yang menggunakan ponsel layar sentuh atau touchscreen setiap hari memiliki somatosensory cortex, daerah di pusat otak yang mengontrol jempol, lebih besar dan lebih kuat.

"Obsesi penggunaan smartphone menunjukkan kemampuan otak untuk membentuk keadaan tersebut," kata pemimpin studi neuroscientist Dr. Arko Ghosh.

"Tanpa Anda sadari perubahan ini mampu membawa dampak buruk bagi kesehatan seperti menyebabkan rasa sakit, kejang, dan gangguan dalam gerakan kognitif seperti dystonia." lanjutnya.

Para ilmuwan mengatakan, mereka yang menggunakan smartphone telah mengubah cara jempol dan otak bekerja bersamaan, terlebih dengan mereka yang telah menggunakan ponsel mereka secara berlebihan.

Saat menekan tombol jari-jari Anda hanya membutuhkan gerakan tangan yang sederhana namun menggunakan layar sentuh membutuhkan gerakan tangan yang jauh lebih kompleks.

Bagian dari otak yang mengendalikan rasa sentuhan di ujung jari kemudian melihat aktivitas lebih banyak dan meningkatkan hubungan antara mereka serta mempercepat waktu reaksi dan sensitivitas.

Maka dari itu, para peneliti menghimbau Anda untuk lebih bijak dalam menggunakan smartphone. Jangan sampai kesehatan Anda terganggu karena teknologi.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)