Waspada! Informasi Kesehatan di Wikipedia Bisa Salah!

24 Januari 2015 Artikel Pendidikan


Zaman sekarang, segala informasi yang kita inginkan bisa didapat lewat internet. Misalkan jika Anda sakit, Anda malas untuk ke dokter atau ingin menghemat biaya. Sehingga Anda mencari info altertanif dari internet, dan source yang paling terkenal adalah Wikipedia. Tapi, tahukah Anda bahwa tidak semua informasi di Wikipedia tidak benar? Terutama informasi kesehatan.

Pasalnya, sebuah studi di Amerika membanding sebuah entri kesehatan dari media cetak, seperti buku, majalah, dengan entri dari Wikipedia. Hasilnya, keterangan dari Wikipedia jauh berbeda dengan informasi dari media cetak tentang kesehatan.

Parahnya, ditemukan 70% mahasiswa dan fisikawan kesehatan menggunakan entri dari Wikipedia dan hampir semua peneliti di Amerika Serikat melihat entri Wikipedia untuk mendapat informasi berbagai penyakit.

"Seharusnya Wikipedia tidak digunakan sebagai sumber utama karena artikel didalamnya tidak melalui proses ulasan yang sama seperti dalam jurnal kesehatan," tungkas dr. Robert Hasty, peneliti Wallace School of Osteopathic Medicine, North Carolina, AS.

Wikipedia merupakan situs online yang memuat 30 juta artikel dalam 285 bahasa dan bisa diakses secara gratis. Artikel tersebut dapat diedit oleh siapa saja, untuk memasukkan dan mengkoreksi artikel. Hal tersebutlah yang membuat informasi yang diberikan tidak akurat.

Robert menyarankan, lebih baik menanyakan langsung ke dokter untuk mendapatkan info kesehatan, bukan Wikipedia.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)