Wah, Ternyata Warna Cat Kamar Dapat Mempengaruhi Karakter Anak Lho!

12 Desember 2014 Artikel Pendidikan


Siapa sangka, warna cat yang terlukis di kamar anak Anda bisa mempengaruhi karakter ia. Warna pada cat di kamar tidak hanya berfungsi memperindah ruangan . Selain memberikan kenyamanan di waktu istirahat, masih banyak manfaat lain.

Pemilihan warna cat yang tepat memberikan efek jadi semangat belajar hingga meningkatkan konsentrasi sehingga si anak akan lebih fokus belajar.

Dina Hartadi , ST, pakar desain interior mengungkapkan . "Fungsi cat bukan hanya untuk memperindah suatu ruangan. Apalagi untuk kamar anak ketika kita memilih warna cat ini artinya ikut menciptakan pembentukan karakter anak," paparnya.

Menurut beliau, ketika kita ingin menentukan warna cat kamar anak Anda, sebelumnya sesuaikan warna dengan usia mereka. Karena setiap usia pertumbuhan anak membutuhkan stimulus yang berbeda. Salah satu stimulus bagi anak yaitu warna cat di kamarnya.

"Setiap usia akan mempengaruhi psikologis anak. Karena penting untuk kita mengganti cat warna dinding kamar anak secara berkala" ujarnya.

Saat ia masih berusia 0-12 bulan, bayi lebih banyak menghabiskan waktu dengan tidur , maka pilihlah warna cat yang netral dan lembut.

"Warna cat yang lembut bisa membantu anak untuk tidur lebih pulas. Sebaiknya hindari warna cat yang agresif, seperti merah menyala atau hijau terang. Karena ini akan membuat anak terangsang untuk terus beraktivitas," jelasnya.

Bagi anak yang sedang aktif-aktif nya beraktifitas, Anda bisa mengganti warna cat kamar dengan warna primer yang mendukung anak untuk lebih aktif dalam bermain dan belajar. Biru muda, hijau, ungu muda, kuning bisa menjadi pilihan untuk Anda yang akan mengubah warna cat dinding kamar anak.

Nah, masing-masing warna memiliki efek yang berbeda bukan? Tentukan warna dinding kamar anak Anda dengan tepat untuk membantu tumbuhkembangnya dan membentuk karakter mereka.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)