Usir Rasa Kantuk dengan Cara Ini

18 Mei 2017 Artikel Pendidikan


Apakah teman - teman tahu musuh kita saat belajar disekolah maupun dirumah? Ya, kantuk. Rasa kantuk terkadang bahkan sering menggangu kita saat ingin belajar karena kejenuhan saat belajar.akibatnya, kita tidak dapat menerima pelajaran dengan baik sehingga kita tertinggal dalam suatu pelajaran dan mendapat nilai yang tidak kita inginkan. Tidak hanya belajar saja pada saat bekerja kita mungkin merasakan kantuk. Jelas rasa kantuk ini bisa menjadi penghambat kita menuju suatu target dalam belajar dan bekerja yang diinginkan.

Untuk itu ada beberapa metode yang dapat teman - teman bisa coba agar masalah kantuk bisa teratasi.

1. Cobalah usapkan kedua tangan ada sampai ada energi panas karena gerak kinetik pada tangan anda. Kemudian, kedua telapak tangan yang menyimpan energi panas itu tempelkan kewajah anda sejenak. Panas pada telapak tangan anda akan membuat anda merasa segar dan bisa kembali beraktivitas selama 3 jam kedepan.

2. Duduklah dengan tegap, kemudian taruhlah kedua tangan anda di atas paha untuk relaksasi dan lakukan pengaturan nafas dengan cara tarik nafas dan hembuskan secara perlahan - lahan dan kembali diulangi sampai 3 kali.

3. Duduk dengan posisi yang sempurna (tegap),cobalah teman - teman tutup lubang hidung sebelah kanan dengan jari telunjuk, kemudian ambil nafas dalam - dalam dengan menggunakan lubang hidung yang ditutup dengan telunjuk tadi lalu coba dengan tutup lubang hidung sebelah kiri dengan jari telunjuk dan hembuskan perlahan - lahan. Ulangi lagi selama 3 kali.

Semoga dengan metode tersebut, teman - teman dapat kembali belajar sesuai denga target yang diinginkan. Apabila metode diatas belum bisa menangkal rasa kantuk, cobalah anda jalan - jalan sebentar melihat pemandangan atau yang membuat anda senang supaya pikiran anda yang jenuh menjadi relaks.

dikutip dari berbagai sumber