Untuk Para Orang Tua! Ini Sikap yang Harus Ditunjukkan Saat Anak Pulang Sekolah

23 Agustus 2016 Artikel Pendidikan


Setiap tempat memiliki adat tradisi dan kebiasaan yang berbeda. Demikian pula dengan keluarga. Setiap keluarga memiliki kebiasaan yang berbeda dalam segala hal. Tidak terkecuali ketika anak pulang dari sekolah. Sekolah memang memiliki peran dalam mendidik anak Anda. Namun, waktu yang dimiliki sekolah sangat terbatas sehingga orangtua lah yang memiliki tugas berikutnya dalam mendidik anak setelah anak pulang dari sekolah. Setelah anak pulang dari sekolah, mungkin perlakuan di setiap keluarga oleh orang tua sangat berbeda.

Bagi orang tua dengan latar belakang perekonomian menengah kebawah ada yang mengajak anak mereka untuk bekerja. Ada juga dari orang tua dengan keadaan ekonomi yang mapan memberikan kesempatan kepada anaknya untuk bermain atau beristirahat di rumah. Terlepas dari hal sikap orang tua dalam menanggapi kegiatan anak sepulang dari sekolah. Ada sikap penting yang seharusnya para orang tua lakukan terhadap anak saat pulang dari sekolah. Mungkin bagi Anda hal tersebut adalah hal yang sangat sepele. Namun, bila Anda lakukan dengan tulus dengan secara terus menerus maka akan memberikan hasil yang memuaskan bagi perkambangan anak Anda.

Berikan senyuman

Menunjukkan kehangatan dalam keluarga harus memberikan yang spesial bagi anak. Senyuman diberikan ketika mereka tiba dirumah, akan memberikan semangat baru kepada anak. Sapalah dengan senyum yang ramah kepada anak.

Makan siang bersama

Ajaklah anak Anda untuk makan siang bersama. Sesibuk apapun Anda sempatkan untuk makan bersama dengan buah hati Anda. Jangan sampai saking sibuknya Anda lupa dengan waktu bersama mereka. Ketika makan bersama banyak cerita yang bisa Anda gali dari anak tentang bagaimana pengalamannya di sekolah. Dengan demikian Anda akan mengetahui bagaimana sikap anak Anda di sekolah.

Jangan marah ketika anak jujur menyampaikan hasil belajarnya

Sering kita lihat para orang tua mungkin sedikit kecewa bila mengetahui hasil belajar anaknya kurang. Bahkan tidak jarang ada orang tua yang tega menghukum anaknya. Sebagai orang tua yang bijak, ketika anak Anda jujur mengatakan hasil belajar yang ia capai di sekolah, meskipun itu hasilnya sangat kurang sebaiknya Anda menerima dan berikan semangat kepada anak supaya dapat meningkatkan nilainya.

Berikan kesempatan anak menceritakan yang dialami di sekolah

Dengarkanlah cerita tentang pengalaman yang anak Anda alami di sekolah. Biarkan mereka menceritakan segala sesuatu yang dialaminya terutama saat belajar di kelas. Dengan cara seperti ini Anda secara tidak langsung sudah meminta anak Anda untuk menceritakan kembali pengalaman mereka di sekolah. Dengan seperti itu Anda akan menemukan apabila ada kejadian yang buruk menimpa anak, bisa Anda ketahui sejak dini dan bisa untuk ditindak lanjuti segara.

Penting bagi Anda para orang tua untuk memberikan perlakuan yang baik bagi anak. Tidak hanya ketika mereka akan berangkat ke sekolah, tetapi juga saat anak pulang dari sekolah. Ketika anak pulang sekolah maka janganlah kita langsung mengintrograsi anak. Tetapi lebih pada melayani mereka.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)