Trik Mengajak Anak Liburan ke Museum

24 Agustus 2018 Artikel Pendidikan


Alangkah baiknya, bila orangtua sudah mulai mengajak anaknya mencintai sejarah dan budaya sejak dini. Saat liburan tiba, anak-anak pasti sudah tidak sabar untuk segera berlibur ke tempat-tempat wisata yang mereka inginkan. Satu referensi utama lokasi wisata yang paling tepat untuk anak-anak adalah museum.

Ada cukup banyak manfaat berlibur ke objek wisata sejarah seperti museum khususnya bagi anak-anak. Apa saja manfaatnya untuk anak-anak? Salah satunya adalah dapat meningkatkan wawasan anak mengenai benda-benda yang menjadi koleksi museum. Namun sebagian besar anak-anak merasa bosan ketika diajak berlibur di sebuah museum.

Berikut beberapa trik agar anak tetap menikmati momen liburan di museum:
1. Memperkenalkan anak akan sejarah berdirinya museum

Tidak hanya pemandu museum saja yang mempunyai tugas untuk memperkenalkan seluruh benda atau koleksi museum saja. Anda sebagai orang tua juga dapat lakukan hal yang sama. Bahkan anak-anak akan cenderung lebih tertarik jika orang tua mereka menceritakan sejarah berdirinya museum ini. Biarkan imajiansi anak-anak Anda berkembang hingga muncul asal-muasal inspirasi pembangunan museum ini. Jadi saat berkunjung kedua kalinya, mereka sudah mengetahui sejarah berdirinya museum yang mereka kunjungi.

2. Ajak anak melihat dan mengamati patung
Salah satu cara membuat anak tertarik saat berlibur ke sebuah museum adalah ajaklah si anak untuk melihat-lihat patung. Agar si anak lebih tertarik, ajak anak untuk menyentuh objek patung agar ia merasakan tekstur dan lekukaan tiap bagian tubuh patung. Dengan cara ini, anak akan penasaran bagaimana si pembuat patung dapat menciptakan karya-karya indah ini.

3. Menjelajahi semua kawasan museum
Ada sejumlah museum yang menyediakan area khusus untuk anak-anak. Namun metode ini sepertinya kurang efektif karena hanya akan membatasi wawasan anak-anak seputar koleksi yang terdapat pada keseluruhan museum. Sebagai orang tua tetap memperbolehkan anak-anak menjelajahi seluruh kawasan museum namun wajib didampingi. Hal ini sangat penting agar si anak mengetahui sisi-sisi lain dari koleksi di museum yang dikunjungi.

Dengan beberapa trik ini, anak-anak pastinya akan menikmati momen liburannya di museum. Jadi kegiatan seperti ini bagus banget. Meski belum terlalu mengerti, setidaknya anak-anak lebih tahu banyak sejarah dan budaya Indonesia .

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)