Trik Agar Anak Anda Giat Belajar di Rumah

26 Januari 2019 Artikel Pendidikan


Orangtua pasti ingin anaknya pintar dan cerdas. Namun apa yang dilakukan anak malah tidak sesuai dengan yang orangtua harapkan. Jangankan mengulang pelajaran, membuka buku saja anak sudah malas. Memang di umur sekolah masa - masanya anak suka bermain. Itulah yang menjadi tantangan bagi orang tua agar anak bisa giat belajar.

Tentu Anda ingin anak Anda tak hanya pintar dan cerdas, namun bisa berprestasi. Untuk bisa berprestasi tidak bisa diandalkan dari anak itu sendiri, Anda sebagai orangtua juga harus selalu membinanya. Berikut ini ada trik untuk membina anak agar giat belajar:

Beri fasilitas belajar yang nyaman

Ciptakan kondisi yang memungkinkan anak untuk mau membuka buku pelajaran. Seperti lampu belajar yang menarik, buku, alat tulis lengkap, atau snack - snack kecil. Dengan begitu anak Anda akan terdorong untuk menggunakan fasilitas tersebut untuk belajar.

Dampingi anak belajar

Mendampingi anak tidak hanya dengan mengawasinya, lebih baik jika Anda membantu menyelesaikan soal yang sulit. Hal ini penting agar anak lebih yakin akan materi yang ia pelajari. Anda juga bisa memberikan latihan soal atau pertanyaan seputar materi yang dipelajari.

Beri dukungan

Jangan Anda memarahinya bila ia mendapat nilai yang jelek. Motivasi dan dukungan Anda sangat dibutuhkan anak. Tanyakan padanya dengan baik, mengapa ia bisa mendapat nilai jelek. Nasehati juga agar ia lebih giat belajar di rumah. Jika si anak mendapat nilai bagus, beri pujian atau hadiah atas keberhasilannya.

Lakukan secara konsisten

Beri dorongan dan dampingan secara terus menerus dan konsisten. Semakin giat anak belajar semakin pertegas sikap Anda. Dengan begitu kepercayaan anak terhadap Anda lebih kuat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)