Tips untuk Tetap Dekat dengan Anak Meski Sibuk Bekerja

16 November 2019 Artikel Pendidikan


Menghabiskan waktu dengan keluarga, khususnya anak adalah hal terpenting untuk perkembangan anak. Sesibuknya mereka bekerja, orang tua harus menyempatkan waktu untuk anak mereka. Hal ini juga dapat mendekatkan hubungan anak dengan orang tua.

Menurut seorang psikolog, Jodie Benveniste, anak yang menjaga interaksi dengan orang tuanya akan berperilaku baik pada lingkungan sekitarnya. "Setiap anak memiliki kepribadian yang berbeda, sehingga dengan meluangkan waktu, orangtua bisa lebih memahami anaknya." paparnya.

Namun, bagaimana bila jadwal pekerjaan yang sangat padat menghalangi waktu bersama anak? Berikut ini tips untuk menjaga hubungan dengan anak:

Berikan pelukan

Sepadat apapun jadwal kerja, sesempatkan waktu sebentar untuk anak, seperti memeluknya. Usahakan setiap hari untuk memberikan pelukan yang hangat pada anak, terutama saat pagi hari dan setelah pulang bekerja. Meskipun beberapa anak sringkali menolak, namun mereka bisa mengerti bila orang tua mereka masih menyayanginya.

Beri perhatian penuh

Ketika orang tua sedang bersama anaknya, berikan perhatian penuh pada si anak. Jauhkan handphone atau segala peralatan elektronik dan coba dengarkan apa yang diceritakan anak dengan baik.

Sisihkan waktu bermain bersama

Jadwalkan hari untuk menghabiskan quality time bersama anak. Minimal satu kali dalam sebulan. Habiskan waktu untuk jalan - jalan, berkomunikasi, atau membaca cerita dengan anak. Hal ini dapat mendekatkan hubungan dengan anak dan menjadi moment yang berharga bagi anak.

Jodie mengatakan meluangkan waktu dengan anak akan menambah rasa percaya anak terhadap orang tua. Mereka pun akan lebih terbuka, termasuk hal yang ingin mereka lakukan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)