Tips untuk Orang Tua Jika Ingin Ajari Anak Tentang Cinta

31 Maret 2014 Artikel Pendidikan


Dunia anak-anak memang indah. Segala sesuatunya terasa sangat sederhana dan ajaib karena bisa berubah dengan cepat. Termasuk dalam urusan cinta, mereka percaya bahwa ciuman dari ibu atau ayah bisa menyembuhkan lukanya.

Bagi anak perempuan, mereka percaya bahwa suatu hari akan bertemu dengan pangeran tampan. Meskipun pada kenyataannya, anak-anak belum terlalu paham jika sebenarnya cinta merupakan salah satu aspek kehidupan yang cukup rumit.

Anak bisa belajar cinta dari apa yang dilakukan orang tuanya dengan menunjukkan perbuatan yang menyenangkan dan menunjukkan kasih sayang. Penting bagi orang tua untuk menjadi role model hubungan cinta bagi anak-anaknya terutama yang sudah remaja.

Selain itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua untuk mengajarkan apa itu cinta kepada anaknya, seperti dikutip dari Essential Kids, diantaranya:

1. Berbicara tentang cinta
Bukalah topik pembicaraan santai tentang cinta dengan anak Anda. Jangan terlalu memaksakan pendapat Anda dan dengarkan apa yang dipikirkan anak ketika mereka bicara tentang cinta. Akan lebih baik jika Anda bisa memancing pertanyaan mereka seputar cinta dan hubungan dengan orang lain termasuk lawan jenis.

2. Tonjolkan tindakan dibanding kata-kata
Tak ada salahnya jika Anda menunjukkan implementasi dari rasa cinta kepada anak-anak. Misalnya melalui berpelukan, membelai, atau mencium mereka serta suami namun masih dalam batas wajar.

3. Beri tahu kebaikan dan keburukan dalam sebuah hubungan
Ketika tengah berdebat dengan suami, tak ada salahnya Anda membiarkan anak melihatnya, termasuk ketika Anda sudah berbaikan. Dengan begini, anak akan tahu bahwa ada suka dan duka dalam sebuah hubungan. Mereka juga lebih memahami bahwa apa yang mereka ketahui di dongeng-dongeng tak bisa disamakan dengan realita yang ada.

Oleh: Iman S
(Dikutip dari berbagai sumber)