Tips untuk Meminta pada Orang Tua

1 Agustus 2015 Artikel Pendidikan


Apakah kamu sering meminta sesuatu pada orang tua tapi ditolak? Misalnya minta tambahan uang jajan, barang, biaya travelling, bahkan pilih juruan kuliah. Tapi, beberapa anak dan remaja menyikapinya dengan cara yang salah, seperti ngambek, menangis, bahkan yang lebih parah diancam bunuh diri. Hati - hati, lho! Sikap tersebut bisa menyayat hati kedua orang tuamu.

Masih ada cara yang lebih baik untuk meminta pada orang tua. Dan pastinya kamu butuh persiapan untuk menjelaskan alasan kamu menginginkan apa yang diminta. Simak tipsnya berikut.

Cari informasi

Kamu perlu tahu informasi tentang apa yang kamu minta. Siapkan jawaban logis ketika nanti diberi pertanyaan oleh kedua orang tuamu. Jelaskan dengan tenang dan jangan emosi. Dengan begitu mereka bisa melihat kalau memang apa yang kamu minta sangat penting.

Pilih waktu yang tepat

Kalau ingin berbincang sama orang tua, wajib untuk lihat situasi dan kondisi. Jangan ajak diskusi saat mereka baru pulang kerja dan kelihatan capek. Pilih waktu yang tepat, seperti weekend atau sore hari ketika mereka sedang nonton televisi.

Beri waktu

Jangan paksa mereka untuk langsung memberikan jawaban. Mungkin mereka perlu beberapa jam atau beberapa hari supaya bisa berpikir dan memutuskan.

Berikan timbal balik

Kalau kamu minta sesuatu pada orang tuamu, kamu juga perlu berikan sesuatu pula. Ingat, lho, orang tuamu sudah berjuang keras demi menghidupimu tanpa harap balasan. Kamu bisa berikan balasan berupa nilai rapot yang baik, prestasi memenangi perlombaan, rajin bantu membereskan rumah, dan lain - lain.

Jika orang tuamu tetap menolak, seberapapun kamu mengubah strategi, janganlah kamu dendam. Iklaslah menerima penolakan mereka. Kamu mungkin bisa coba lagi di lain kesempatan.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)