Tips Sukses Kuliah Sambil Kerja yang Harus Diketahui

21 Juni 2016 Artikel Pendidikan


Pendidikan merupakan hak setiap orang, terutama bagi para generasi penerus bangsa. Jika para generasi sangat dianjurkan untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi baik itu melalui program beasiswa atau apapun. Maka para pendidik ataupun guru berhak untuk mendapatkan hal yang sama, yaitu hak untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Namun bagaimana bisa bersekolah lagi di tengah kesibukan pekerjaan dan aktivitas sehari-hari?

Berikut ini ada tips untuk meraih sukses kuliah sambil bekerja:
1. Beritahukan Rencana Anda kepada Atasan

Dengan menjalin komunikasi yang baik dengan rekan kerja khususnya dengan atasan dan memberitahukan rencana kuliah Anda kepada mereka, maka mereka akan mengetahui dan juga akan memberikan pengertian dengan memberikan jadwal yang fleksibel kepada Anda.

2. Buat Jadwal Kerja dan Studi Anda
Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menyusun jadwal kerja dan kuliah Anda. Lebih baik lagi jika atasan Anda memang bisa memberikan jam kerja yang fleksibel. Dengan penjadwalan yang Anda buat, maka kegiatan sehari-hari Anda akan menjadi lebih terstruktur dengan membagi jam kerja dan jam kuliah Anda. Hasilnya, Anda bisa mengatur waktu Anda dengan lebih mudah dan optimal.

3. Buat Daftar Pengeluaran Anda
Kuliah sambil bekerja bukanlah hal yang mudah untuk Anda lakukan, ini sangat menguras energi dan biaya. Maka buatlah perincian daftar pengeluaran untuk kuliah dan juga pengeluaran untuk bekerja. Jika pada umumnya pekerjaan memang menghasilkan income (pendapatan), maka gunakanlah itu untuk membiayai kuliah Anda. Kuncinya, berhematlah dan gunakan uang Anda sebaik mungkin untuk memenuhi semua keperluan studi Anda.

4. Jaga Kesehatan Anda
Kuliah disamping bekerja memang sangat menguras tenaga dan pikiran juga. Dalam hal ini Anda harus pintar dalam menjaga kesehatan Anda. Mengkonsumsi makanan sehat merupakan salah satu langkah untuk menjaga kondisi tubuh Anda tetap fit. Selain itu, berolahragalah minimal 3 kali dalam seminggu, karena olahraga bisa membantu menjaga stamina tubuh Anda. Satu hal lagi, tidurlah teratur paling tidak 7 jam dalam sehari.

5. Fokus Terhadap Kuliah dan Pekerjaan Anda
Fokus terhadap kuliah dan pekerjaan tidaklah mudah, apalagi dengan jadwal yang super padat. Tapi itu sudah termasuk resiko yang harus lebih dulu Anda pertimbangkan untuk menjemput sukses Anda. Intinya, berusahalah untuk berfokus terhadap studi dan pekerjaan Anda, jangan membuang-buang waktu dan energi Anda untuk hal-hal lain yang kurang berguna.

Itulah tips sukses yang perlu dilakukan untuk Anda yang kuliah sambil bekerja, semoga sukses.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)