Tips Sukses Hadapi Kehidupan Kuliah Mahasiswa Baru

1 September 2015 Artikel Pendidikan


Hari pertama selalu menjadi sebuah hari yang dinantikan bagi para setiap siswa yang akan menjejaki langkah barunya ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Sebuah suasana baru, teman baru, dosen atau pengajar yang belum Anda kenal dan lingkungan kampus yang kini tidak sama lagi ketika Anda bersekolah.

Menjadi mahasiswa baru merupakan sebuah kebanggan atas pencapaian sukses seorang pelajar dari bangku sekolah. Seringkali, mahasiswa baru terkadang mengambil langkah yang salah di awal statusnya sebagai mahasiswa. Menjadi mahasiswa tidak selalu hanya hadir di kelas dan medengarkan penjelasan dari dosen. Menjadi mahasiswa merupakan masa di mana Anda mulai memperbanyak koneksi, memperluas pengetahuan yang tidak melulu mengenai jurusan yang Anda geluti.

Lalu, apa saja sih yang bisa Anda lakukan sebagai mahasiswa baru agar masa kuliah Anda tidak terbuang sia-sia? Berikut beberapa tips sukses bagi Anda, seorang mahasiswa baru:

Ospek = Ajang Mencari Teman Baru

Kalau ditilik lebih dalam, sebenarnya tujuan ospek adalah mengenalkan mahasiswa akan lingkungan kampus dan seputar dunia perkuliahan. Kesampingkan terlebih dahulu masalah tugas yang diberikan kakak senior yang terkadang kurang masuk akal. Ospek merupakan kesempatan emas Anda dalam membangun komunikasi dan pertemanan di lingkungan kampus. Karena teman-teman yang Anda temukan di ospek inilah yang akan berjuang bersama sama Anda selama 4 tahun ke depan. Temukan teman yang cocok denganmu, yang bisa diajak hangout, memberikan efek positif, dan juga seru untuk berdiskusi tentang kuliah.

Jadilah Mahasiswa yang Aktif

Sikap aktif dapat ditunjukkan dengan cara menyelesaikan tugas tepat waktu,tidak menyepelekan tugas, datang kuliah tepat waktu,mengajukan diri pada dosen apabila diminta bantuan. Cara atau sikap tersebut akan membuat mental anda terbiasa dengan sikap aktif. Hal itu semua tentunya akan menarik perhatian dosen sehingga bisa saja Anda mendapatkan kemudahan dalam hal nilai.

Aktif Berorganisasi

Poin yang tak kalah penting ialah berorganisasi. Ikutilah organisasi organisasi yang ada di kampus. Banyak hal yang kita dapatkan dengan aktif di berbagai kegiatan organisasi yang ada di kampus. Pengalaman bekerja sama dan bersosialisasi dengan orang lain dan ilmu lain yang tidak kita dapatkan di bangku kuliah. Selain bekal intelektual yang anda dapatkan di bangku kuliah,kita juga mempunyai kesempatan untuk aktualisasi diri dan menyalurkan bakat dan minat di dalam organisasi tersebut.

Pintar-Pintar Atur Waktu

Sederet kegiatan panjang yang menyangkut aktivitas Anda di kampus pastinya akan sangat membuat Anda sedikit keteteran. Anda pastinya dituntut untuk mampu membagi waktu dengan sebaik-baiknya. Pastikan skala prioritas Anda tepat. Anda harus pintar membagi waktu bersosialisasi, belajar, dan ikut organisasi.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)