Tips Sukses di Olimpiade

3 Oktober 2013 Artikel Pendidikan


Tentunya sudah pernah mendengar kata "Olimpiade". Namun maksudnya bukan olimpiade olahraga yang dilaksanakan 4 tahun sekali itu loh. Olimpiade disini maksudnya adalah semacam lomba-lomba atau kompetisi di bidang keilmuan misal olimpiade kimia, olimpiade geografi, olimpiade biologi dan sebagainya. Biasanya olimpiade ini untuk jenjang SMA, SMK, MA, SMP, maupun SD.

Menjadi juara suatu kompetisi merupakan kebanggaan tersendiri bagi seseorang. Apalagi sampai mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah Internasional. Hal itu membuktikan bahwa sebagai Negara berkembang, Indonesia pun memiliki SDM yang luar biasa dan tidak kalah bersaing dengan Negara maju lainnya.

Berbagai cara dilakukan oleh sekolah untuk meraih prestasi sebanyak-banyaknya dalam kompetisi olimpiade ini, mulai dari bekerja sama dengan lembaga khusus pelatihan olimpiade, mengadakan pelatihan rutin setiap minggunya oleh guru sekolah dan masih banyak lagi. Memang untuk memaksimalkan prestasi, diperlukan suatu teamwork antara pihak sekolah dan siswa agar mampu bersaing dengan sekolah lainnya.


Berikut tips untuk sukses di olimpiade:

  1. Persiapan Matang dari Awal. Mengapa demikian? Karena materi untuk olimpiade biasanya lebih luas. Jadi pelajarilah semua materi yang di lombakan. Bukan hanya materi untuk tingkat anda tapi lebih luas lagi. Misal jika kamu kelas XII SMA maka kamu juga wajib mempelajari materi kelas XII juga minimal membaca materi-materi untuk mahasiswa. Jika kamu mengikuti olimpiade Biologi, maka soal yang diujikan kadang-kadang sudah menginjak bab tentang kedokteran.
  2. Berlatih dengan Soal-soal. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, tak kenal maka tak bisa kerjakan.
  3. Memahami Soal. Percaya atau tidak banyak soal olimpiade itu menjebak dari tata bahasanya yang menakutkan, jadi kita harus pandai-pandai memahami apa yang diinginkan oleh soal.
  4. Perhatikan Secara Detail. Perhatikan soal secara detail karena hampir setiap kata mempunyai makna yang mungkin dapat membantu kita. Selain itu kecermatan kita juga harus ditujukan pada setiap hal-hal yang diketahui di soal.
  5. Berlatih Keras. Sebenarnya ini yang menentukan keberhasilan kita karena semua takkan tercapai jika kita hanya main-main saja so ...yuk belajar!!!
  6. Persiapkanlah Mental dan Kepercayaan Diri. Ini bisa dilatih pada kegiatan sehari-hari kita, misal saat ujian kelas jangan sampai kamu mencontek ataupun hal-hal curang lainnya. Dan cobalah berbesar hati, jika kita belum mencapai hasil yang memuaskan.
  7. Carilah Info-info tentang Lomba atau Olimpiade Sejenis. Semakin kita tahu lebih awal pelaksanaan lomba atau olimpiade yang akan kita ikuti tentu saja semakin banyak waktu bagi kita untuk menyiapkan semuanya.
  8. Membuat Kelompok Pecinta Mata Pelajaran Tertentu, misal study club kimia. Tentunya dengan adanya komunitas seperti ini kita bisa lebih mudah untuk share info-info yang berkaitan tentang olimpiade atau kompetisi yang akan kita ikuti.
  9. X-Factor. Bukan acara tv ya, maksudnya adalah faktor-faktor di luar diri kamu. Memang, olimpiade ini sulit, tetapi ingatlah bahwa bersama kesulitan ada kemudahan. Karena itu, iringilah usaha dengan doa. Jaga kesehatan dan ingatlah untuk minta doa orang-orang disekitar kamu, terutama orang tua.


Man jadda wajada, siapa yang bersungguh-sungguh pasti dapat. Orang berbakat sekalipun akan kalah dengan orang yang bersungguh-sungguh. Bahkan diajang seperti olimpiade sains yang dibutuhkan adalah siswa yang tekun, bukan yang berbakat.

Semoga bermanfaat!

(Dikutip dari berbagai sumber)