Artikel Pendidikan
30 Agustus 2012

Tips Sukses Belajar di Luar Negeri

Bagi anda yang melanjutkan sekolah ke luar negeri, sudah pasti anda harus memiliki kemampuan berbahasa asing dengan baik. Untuk itu sejak dini, anda diajarkan belajar bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan orang luar negeri juga sebagai bekal untuk bagi anda yang melanjutkan studi ke luar negeri.

Terkadang awal saat beradaptasi di sana pastilah tidak mudah, terutama penggantian bahasa Indonesia diganti dengan bahasa Inggris. Namun jika anda terus beradaptasi dengan baik, anda bisa menguasai bahasa tersebut dan lingkungannya. Seperti halnya dalam menjalankan studi anda dari berkenalan dengan teman baru sampai pengenalan belajarnya. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk membantu anda dalam belajar di luar negeri.

1. Mendengarkan

Anda bisa melewatkan beberapa baris yang guru/dosen jelaskan karena mungkin kita belum terbiasa dengan suasana disana. Supaya mendapat keterangan yang jelas dari apa yang diajarkan oleh guru/dosen, cobalah tanyakan ke teman yang mengerti dan minta informasi tentang apa yang terlewati oleh anda. Jika bisa, cobalah anda bawa perekam kemudian rekamlah setiap guru/dosen menjelaskan dengan ini anda bisa mencari kosakata apa yang guru/dosen tersebut ajarkan kepada anda.

2. Membaca

Bila kalimat yang anda kurang mengerti, sebaiknya jangan menerjemahkan kalimat itu sendiri karena hanya akan membuang waktu saja. Agar menghemat waktu cobalah anda menangkap apa maksud dari bacaan tersebut dan apabila ada kesulitan lagi, anda lewati saja kata atau kalimat tersebut. Jika anda sudah selesai membaca buku dan menangkap pokok pelajaran itu cobalah anda buka kamus untuk mencari kesulitan kata yang anda lewati tadi. Dengan membuka kamus anda dapat mempelajari kosakata yang masih asing bagi anda sehingga kedepanya anda tidak kesulitan dalam mengartikan suatu kalimat dalam bacaan tersebut.

3. Belajar untuk tes ujian

Berbeda dengan Indonesia, ujian yang di siapkan oleh dosen lebih terfokus pada pemahaman ide-ide yang diajarkan daripada menghafal informasi saja. Untuk itu sebaiknya untuk tidak hanya menghafal dar catatan saja melainkan harus dipahami. Apabila ada kesulitan, buatlah belajar kelompok dengan teman anda sehingga dapat mencari solusi dan pemecahanya ketika anda dalam kesulitan.

4. Komunikasi dalam bahasa Inggris

Ketika anda memulai studi anda, hal yang pertama anda lakukan saat beradaptasi dilingkungan baru adalah berkomunikasi dengan orang luar dengan menggunakan bahasa Inggris. Mungkin bagi anda yang kurang bahasa Inggrisnya akan merasa takut karena bila salah mengucapkan akan ditertawakan teman. Akan tetapi jalanilah dulu. Salah dalam belajar adalah hal yang biasa jadi jangan takut mencoba. Untuk membuat anda lancar bahasa Inggris, luangkan waktu anda untuk mengobrol bersama teman dengan menggunakan bahasa Inggris. Pada bahasa Inggris pasti penekanan dalam pengucapannya berbeda. Oleh karena itu cobalah catat kata-kata yang mungkin anda belum bisa pengucapanya lalu anda bisa bertanya kepada teman anda untuk mengajari pengucapan kata tersebut.

Selain belajar, anda juga harus memperhatikan kesehatan anda seperti tidur yang cukup, makan yang teratur dan hidup sehat dapat menunjuang anda dalam belajar.

(Dikutip dari berbagai sumber)

Artikel Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Karir Iklan Baris