Tips Sederhana Menjadi Panutan bagi Anak

11 November 2014 Artikel Pendidikan


Orang tua mana yang tidak ingin menjadi panutan yang baik bagi anak-anaknya? Menjadi seseorang yang diidolakan dan menjadi teladan untuk anak-anaknya memang merupakan salah satu cita-cita orang tua.Anak-anak memang tumbuh dan berkembang baik dalam lingkungan internal dan eksternal, dimana lingkungan internal adalah lingkungan keluarga dan lingkungan eksternal adalah lingkungan sosial berupa teman-teman, sekolah, tempat bermain, dan lain-lain.

Ketika saat ini banyak anak yang memiliki sifat bermasalah atau tidak mencerminkan perilaku yang positif, sebagai orang tua perlu mencengah hal tersebut terjadi dengan mendidik anak dengan baik sejak dini.Terlebih lagi anak-anak termasuk yang paling mudah meniru dan terpengaru oleh banyak perilaku dan tindakan walaupun dalam hal sekecil apapun. Untuk memberikan contoh yang baik, perlu pendekatan yang mudah dipahami dan sesuai dengan situasi modern ini. Yang jelas, anak pasti akan melihat orang tuanya, sehingga mereka akan mencontoh apa yang dilakukan oleh orang tua.

Berikut tips sederhana untuk mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari:

1. Membaca
Ajarkan anak Anda membaca, tidak harus menyuruhnya membaca. Bacalah buku di dekatnya saat bermain atau bacalah buku dengan gambar yang menarik. Tunjukkan sesuatu yang juga bisa dibaca oleh anak Anda, itu akan menggiringnya untuk mau belajar membaca.

2. Bicara Sopan
Selalu bicara dengan sopan pada siapapun, bahkan pada anak-anak sendiri. Ajarkan tata krama dalam berbahasa. Dengan demikian mereka tidak akan mengucapkan bahasa negatif yang tak dicontohkan dalam keluarganya

3. Memelihara Hewan Atau Tanaman
Dekatkan anak pada lingkungan. Ajak mereka berkebun atau memberi makan binatang peliharaan Anda. Dengan begitu mereka akan tahu dan ikut mencintai tanaman atau hewan peliharaan Anda. Anak yang diajak berkebun juga cenderung mudah makan sayur dan buah .

4. Bergurau
Ajak anak Anda bergurau. Ini adalah salah satu cara untuk mengajari anak Anda tentang keceriaan dan kesenangan dalam hidup. Dengan demikian nantinya ia tidak akan menjadi anak yang pemurung atau sensitif.

5. Sehat Dan Teratur
Hiduplah dengan rutin dan sehat. Mulai dari bangun pagi, jadwal harian, olahraga, makanan yang sehat dan tidur tepat waktu. Kehidupan yang teratur akan membuat anak Anda ikut sehat bersama Anda.

Seorang anak selalu meniru orang tuanya. Cara Anda bersikap secara langsung akan berdampak pada pikiran anak Anda. Ajari anak Anda secara berimbang dan bijaksana. Dengan demikian mereka akan menjadi sosok yang bisa membanggakan kita di masa mendatang.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)