Tips Sederhana Ajari Si Kecil Pentingnya Berbagi



Berbagi merupakan suatu tindakan mulia yang harus diajarkan sejak dini pada si kecil. Mengajarkan balita berbagi merupakan langkah awal mencegah munculnya sifat egois. Anda bisa mengajarkan balita berbagi mulai dari hal-hal kecil yang bisa dilakukan untuk masa depannya kelak.

Di usia dua tahun, keterampilan sosial balita mulai berkembang. Di samping itu, pada usia ini biasanya sifat egois si kecil akan pengakuan diri atau rasa memiliki bayi sedang muncul. Kata-kata "punya aku" sedang menjadi favoritnya.

Ajak anak untuk memahami konsep berbagi dengan hal-hal yang sederhana . Meski si kecil sedang berada dalam masa egois dan ingin memiliki, ajarkan beberapa cara berikut ini:

Ajak si kecil untuk belajar merelakan salah satu dari beberapa mainannya. Coba ajak si kecil untuk menyumbangkan mainannya saat Anda ingin membelikan mainan baru. Salurkan mainan tersebut ke yayasan yatim ataupun kegiatan amal lainnya.

Libatkan si kecil dalam kegiatan gotong royong. Tidak usah terlalu rumit, misalkan saja minta ia untuk meletakkan mainannya kembali ke tempat semula dalam sesi bersih-bersih rumah.

Tidak luput pula libatkan si kecil dalam kegiatan melayani orang lain. Saat ada tamu di rumah, misalnya minta anak menawarkan atau membawakan stoples berisi kue kering kepada tamu.

Dengan demikian, lambat laun balita akan menyadari bahwa dalam hidup perlu berbagi dengan orang lain. Anda juga bisa menunjukkan contoh-contoh lain, atau ketika teman balita Anda mau meminjamkan mainannya.

Semoga beberapa tips di atas mampu membantu Anda dalam mengajarkan si kecil akan pentingnya berbagi.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)