Tips Pilih Sekolah yang Baik

13 Januari 2014 Artikel Pendidikan


Sekolah sudah mulai membuka masa pendaftaran meskipun awal tahun pelajaran 2014/2015 masih sekitar satu semester lagi. Kini waktunya bagi Anda yang memiliki putra atau putri yang memasuki usia sekolah untuk menimbang-nimbang pilihan atas sekolah yang tepat baginya.

Meski orang tua memiliki alasan tersendiri ketika ingin menyekolahkan anaknya ke sebuah sekolah, sebaiknya orang tua tetap memperhatikan keinginan anak. Tak jarang, seorang anak sudah memiliki pilihan tersendiri terhadap suatu sekolah.

Memilih sekolah untuk anak itu gampang-gampang susah, hal itu disebabkan karena saat ini banyak sekali pilihan sekolah yang berbeda-beda kurikulumnya, fasilitasnya dan tentu saja harganya. Akhirnya anda harus mencari sana sini dan bertanya kesana kemari tentang sebaiknya anak saya masuk sekolah mana. Supaya tidak bingung berikut tips untuk pilih sekolah:

1. Visi dan Misi

Sekolah yang memiliki kualitas baik tentu memiliki visi dan misi yang jelas, terukur dan realistis. Dari visi dan misi yang dipaparkan dapat terlihat orientasi tujuan dan profil output yang akan dihasilkan sekolah itu.

2. Kualitas Pendidik

Pendidik mempunyai pengaruh yang signifikan dalam pembentukan mental, spiritual dan fisik anak. Sekolah yang baik tentunya memiliki kualitas pendidik yang baik.

3. Biaya Pendidikan

Pilih sekolah yang sesuai dengan kondisi keuangan masing-masing dan pastikan bahwa semua biaya tersebut sebanding dengan fasilitas, sistem pembelajaran dan kegiatannya.

4. Gedung dan Fasilitas

Komponen pendidikan yang tidak kalah pentingnya adalah sarana dan prasarana yang mendukung. Perhatikan bahwa sekolah yang diinginkan mempunyai semua fasilitas yang dibutuhkan anak.

5. Lokasi Sekolah

Pilih sekolah yang tidak terlalu jauh dengan tempat tinggal. Apabila terlalu jauh, anak akan terlalu lelah, sehingga mengurangi semangatnya untuk bersekolah. Selain itu, lokasi yang terlalu jauh pun membutuhkan biaya yang besar untuk transportasi.

6. Bicarakan dengan Anak

Pilih sekolah yang sesuai dengan karakter anak. Melibatkan anak dalam pemilihan sekolah dapat membangkitkan minat dan semangatnya untuk pergi ke sekolah.

Oleh: Iman S
(Dikutip dari berbagai sumber)