Tips Mudik Aman dengan Kendaraan Pribadi

25 Mei 2019 Artikel Pendidikan


Lebaran akan segera tiba dalam beberapa hari kedepan. Rasa tidak sabar untuk segera bertemu dengan keluarga tersayang pasti mulai bermunculan. Bila Anda berencana untuk mudik atau berlibur dengan mengendarai kendaraan pribadi seperti mobil ataupun sepeda motor, ada baiknya Anda mengetahui tips mudik yang aman bagi para pengguna kendaraan pribadi.

Periksa kondisi kendaraan

Hal ini sangat penting dilakukan sebelum melakukan perjalanan, terlebih lagi bila jarak yang akan ditempuh cukup jauh. Bagian kendaraan yang penting untuk diperiksa antara lain rem sebagai bagian vital dalam kendaraan, kemudian ban seperti tekanan ban dan kondisi ban. Pastikan juga kondisi lampu kendaraan Anda berfungsi dengan baik, karena lampu sangat penting pada malam hari. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan seperti kunci-kunci, dongkrak, ban serep, dll. Tidak ketinggalan, bawa juga surat-surat kelengkapan kendaraan Anda.

Membawa obat-obatan, makanan dan minuman

Perjalanan yang jauh akan memakan waktu yang cukup lama pula. Jadi, sediakan makanan dan minuman secukupnya untuk menjaga kondisi Anda tetap prima, terlebih lagi bila Anda melewati jalan yang sulit ditemukan penjual makanan dan minuman. Jangan lupa juga membawa kotak P3K berisi beberapa obat standar seperti obat demam, pusing, sakit perut serta obat luka luar,plester dll.

Persiapan fisik

Fisik yang fit dan sehat sangat penting agar dapat menikmati perjalanan dengan nyaman. Terutama untuk pengemudi, kondisi fisik dapat mempengaruhi keselamatan seluruh penumpang. Pastikan agar Anda beristirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan. Untuk pengemudi, bila mengantuk, sebaiknya segera istirahat dan jangan memaksakan untuk melanjutkan perjalanan.

Taati peraturan lalu lintas

Walaupun Anda ingin segera atau ingin cepat-cepat bertemu sanak saudara, hindari untuk melanggar rambu-rambu lalu lintas. Terlebih saat libur hari raya sangat padat dengan kendaraan. Mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi dan melanggar rambu-rambu lalu lintas dapat menyebabkan kecelakaan yang merenggut nyawa.

Gunakan sabuk pengaman selama perjalanan dan jaga jarak aman. Hindari menerima telepon atau melakukan kegiatan lain selama mengemudi. Bersikap hati-hatilah selama perjalanan Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)