Tips Mudah Tumbuhkan Sikap Disiplin pada Anak

24 Oktober 2014 Artikel Pendidikan


Setiap orangtua pasti ingin anaknya disiplin. Sebab dengan disiplin anak akan menjalani aktivitasnya dengan teratur. Hanya, yang harus perlu diperhatikan oleh orangtua adalah pemahaman tentang makna disiplin. Disiplin adalah aspek yang sangat penting agar hidup kita lebih bermanfaat. Namun mempunyai kepribadian yang disiplin perlu diterapkan sejak usia dini. Pasalnya modal tersebut menguatkan karakter dan mempermudah pola asuh si kecil. Penanaman disiplin mencakup pengaturan dalam batas-batas perilaku anak dalam melakukan sesuatu. Batas yang tidak fleksibel membuat anak memberontak, terutama pada mereka yang tumbuh dewasa.

Berikut tips untuk menanamkan kedisiplinan untuk anak usia dini:
1. Pujilah anak

Seorang anak akan merasa senang bila dipuji, apalagi oleh orang tuanya sendiri. Berikan reward yang positif kepada anak atas prestasi yang diberikan. Hal tersebut akan memotivasi anak untuk melakukan sesuatu dengan baik.

2. Berikan pilihan terbatas sesuai dengan usia mereka
Bersikap jelas dan konsisten dalam memberikan batasan kepada anak. Misalnya tetapkan waktu belajar dan bermain anak. Sebaiknya seluruh anggota keluarga mengetahui aturan yang telah dibuat.

3. Buat kesepakatan dengan anak
Seperti membahas masalah dan memutuskan aturan bersama sebelum menyampaikan agar anak tidak bingung dengan aturan yang dibuat. Biasanya jika anak tidak mendapatkan kelonggaran dari ayah maka anak akan berali pada ibunya untuk mendapat dispensasi.

4. Ekspresikan cinta orang tua setiap hari
Sesibuk-sibuknya orang tua sempatkanlah untuk berkumpul bersama anak. Tunjukkanlah cinta kepada mereka. Entah itu hanya lewat kata atau perilaku anak akan merasa senang dan akan menuruti peraturan yang orang tua buat.

5. Ciptakan rasa aman
Ciptakan rasa aman pada anak selama berada disekitar orang tua.

6. Jadilah contoh yang baik
Anak akan senantiasa meniru apa yang dilakukan oleh orang tua mereka. maka sebaiknya orang tua lebih berhati-hati dalam bersikap, berilah contoh yang baik untuk anak.

Mengajarkan disiplin pada anak adalah kewajiban. Bila tidak diajarkan kedisiplinan, anak yang tumbuh dewasa akan merepotkan orang tua. Karena salah satu dari akhlak yang baik adalah disiplin.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)