Tips Mudah Meningkatkan Kecerdasan Anda

27 November 2014 Artikel Pendidikan


Otak membutuhkan latihan layaknya otot. Jika Anda sering menggunakannya dan dengan cara yang tepat, Anda akan menjadi seorang pemikir yang terampil dan juga akan meningkatkan kemampuan Anda untuk lebih berkonsentrasi. Tetapi jika Anda tidak pernah menggunakan otak Anda, atau menyalahgunakannya dengan bahan kimia berbahaya, kemampuan Anda untuk berpikir dan belajar akan memburuk.

Berikut beberapa tips mudah meningkatkan kecerdasan:
1. Pikiran dan tubuh yang sehat

Lawan penurunan daya ingat dan pertajam pikiran Anda dengan meningkatkan denyut jantung dan berkeringat setiap hari.Latihan aerobik, seperti jogging, berenang, yoga, bersepeda atau bermain olahraga tim meningkatkan kemampuan tubuh untuk memberikan oksigen melalui aliran darah dan menjaga fungsi otak secara optimal.Tubuh yangsehat secara fisik juga akan membantu mengatasinya stres dan berpikir lebih baik di bawah tekanan, yang keduanya membantu untuk meningkatkan kecerdasan.

2. Menulis
Biasakanlah untuk menulis buku harian dan tuliskan pikiran, ide dan apa yang terjadi dalam keseharian Anda,kemudian secara berskala luangkan waktu untuk meninjau catatan lama dan mengingat kembali ide-ide yang telah ditulis. Bahkan satu review secara dramatis akan meningkatkan penyimpanan informasi yang telah ditulis. Otak tidak akan mengingat semuanya, kecuali jika kita cukup beruntung untuk memiliki memori yang begitu baik untuk itu.

3. Bernafas melalui Hidung
Cobalah mengambil napas dalam-dalam melalui hidung. Hal ini akan meningkatkan kadar oksigen dalam darah, dan otak. Anda tidak akan bisa berjalan untuk waktu yang lama jika Anda tidak memiliki cukup oksigen bukan? Otak Anda mempunyai kebutuhan yang sama dan pernapasan yang benar adalah cara yang baik untuk membantu konsentrasi dan meningkatkan kecerdasan. Menghirup udara melalui hidung juga akan membantu menjaga otak yang sibuk tetap dingin.

4. Beristirahat
Beristirahat memang sangatlah penting. Berpikir keras tentang sesuatu dalam waktu yang terlalu lama akan menyebabkan kelelahan mental. Konsentrasi, serta kinerja mental Anda akan menderita dibuatnya. Beristirahat singkat dari aktivitas mental berat seperti belajar atau perencanaan bisnis setiap setengah jam atau lebih akan menghasilkan outcome yang lebih baik daripada bekerja secara terus menerus.

5. Belajar Seumur Hidup
Mengapa sekolah telah diakui sebagai sesuatu yang berharga di seluruh dunia? Ketika Anda belajar hal-hal baru, otak akan menciptakan jalur saraf. Semakin banyak jalur saraf yang Anda buat, maka otak akan menjadi lebih cerdas pula. Mendidik anak pada usia dini akan menjadi sangat berharga ketika mereka tumbuh menjadi dewasa, disaat dimana mereka memasuki fase belajar untuk belajar.

Ingatlah bahwa menamatkan sekolah atau kuliah hanya merupakan langkah awal dari perjalanan belajar seumur hidup.Cobalah untuk belajar sesuatu yang baru setiap hari, mengikuti kursus sesuai dengan hobi atau mengunjungi perpustakaan dan melakukan studi sendiri dari buku-buku yang menarik menurut Anda. Temukan apa yang bisa membuat Anda menikmati membaca dan dapat memperluas cara berpikir Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)