Tips Mudah Mengingat Pelajaran

20 April 2015 Artikel Pendidikan


Dalam perkembangan zaman yang semakin maju ini, tingkat kesulitan pelajaran dan penguasaan materi terhadap pelajaran meningkat, sehingga anak sulit mengingat dan memahami pelajaran yang mereka dapatkan. Banyak orang tua maupun peserta didik yang mencari cara agar kemampuan mengingat dan memahami mudah untuk dilakukan. Yang perlu Anda ketahui adalah, kemampuan untuk mengingat maupun memahami pelajaran itu terpusat pada otak, jadi solusi yang paling tepat adalah meningkatkan kemampuan otak Anda maupun anak Anda dalam mengingat dan memahami pelajarannya.

Berikut tips mudah untuk mengingat pelajaran:
1. Mencatat hal-hal penting dan mengulang kembali

Anda harus mengambil intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang. Kata-kata kunci itulah yang nanti berguna saat ujian nanti karena Anda sudah mengingatnya. Dengan mencatat hal-hal penting itu, sebagian besar akan Anda ingat. Setelah mencatat hal penting tersebut, maka ulangi materi yang Anda terima sesuai daya ingat Anda, maka otak Anda akan dilatih untuk mengembangkan materi tersebut.

2. Membaca
Membaca merupakan kunci belajar supaya mudah dipahami. Bacalah materi baru 2 kali dalam sehari, yaitu sebelum dan sesudah materi itu diterangkan. Otak yang sudah mengolah materi itu sebanyak 3 kali bakal tersimpan cukup lama di otak Anda.

3. Memahaminya
Belajar yang benar itu bukan sekadar menghapal, tapi harus memahaminya. Anda boleh saja menghafal 100% semua detail pelajaran, tapi yang lebih penting adalah apakah Anda memahami semua materi yang di hafal itu? Agar yang dipelajari itu tidak cepat dilupakan, alangkah baiknya untuk memahami dulu garis besar materi pelajaran sebelum Anda menghafal.

4. Pilih waktu belajar yang tepat
Belajar yang paling enak adalah pada saat badan masih segar, waktu belajar yang dilakukan setiap orang itu berbeda-beda, tapi biasanya, pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. Anda bisa memanfaatkan waktu ini untuk mengolah materi-materi baru. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah.

5. Bangun suasana belajar yang nyaman
Banyak hal yang bisa membuat suasana belajar Anda nyaman, salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu memilih tempat yang sunyi agar bisa berkonsentrasi. Namun ada juga orang yang belajar sambil mendengarkan musik kesukaannya. Berbagai cara tersebut bisa Anda lakukan asalkan bisa membuat nyaman dan tetap berkonsentrasi.

6. Melatih kemampuan
Pada setiap akhir bab pelajaran, biasanya selalu diberikan soal-soal latihan. Tanpa perlu menunggu perintah dari guru, Anda bisa langsung menjawab semua pertanyaan tersebut dan periksa sejauh mana kemampuan yang Anda miliki. Jika ada yang kurang jelas mengenai pertanyaannya, maka Anda bisa bertanya pada guru.

7. Beristirahat
Belajar boleh-boleh saja tapi jangan sampai lupa juga menyediakan waktu untuk beristirahat. Setelah 30-45 menit belajar di rumah, Anda harus segera beristirahat untuk melemaskan badan dan pikiran. Jangan memaksakan belajar jika pikiran sedang suntuk karena hanya membuang waktu kamu saja.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)