Tips Menyusun Resolusi Tahun Baru

29 Desember 2014 Artikel Pendidikan


Tidak terasa sekarang sudah hampir akhir tahun 2014. Apakah panjang tahun ini, semua yang kita harapkan sudah tercapai? Waktu tidak bisa diputar ulang dan sangat berharga. Mungkin kita semua sudah banyak merencanakan pesta malam tahun baru nanti dengan persiapan terompet, kembang api dll. Akan dirayakan di restoran mana, atau keluar kota/negri menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang tersayang. Persiapan yang biasa dilakukan adalah:

1. Pilih Tema Pesta

2. Ciptakan kegiatan yang unik & menghibur

3. Sediakan musik & makanan

4. Minimalkan budget dengan kelengkapan perlengkapan pergantian malam tahun baru.

Namun tidak ada salahnya jika kita membuat resolusi untuk tahun kedepan, supaya kita tidak banyak membuang waktu dengan hal-hal diluar yang kita rencanakan. Resolusi adalah rancangan atau peta impian dan target-target hidup yang jelas dan terukur selama satu tahun ke depan. Berikut adalah tips yang diambil dari "Career Guide Indonesia" yang kami kutip dari Kompasania.com:

Pertama, awali dengan mereview diri Anda. Tanyakan diri Anda, target serta rencana apa saja yang sukses Anda raih, atau sebaliknya, pada tahun yang telah lewat? Perubahan apa yang masih perlu Anda lakukan untuk meraih prestasi yang lebih baik ?

Kedua, jadikan hasil dari evaluasi di menjadi bahan penyusunan resolusi Anda. Sebaiknya Anda tidak menetapkan prioritas lebih dari 3. Mengapa? Agar Anda lebih fokus. Pasalnya semakin banyak yang Anda tetapkan, dipastikan semakin sulit Anda mewujudkannya. Jadi, realistislah!

Ketiga, buatlah rencana untuk mencapai resolusi Anda tersebut. Supaya apa yang sudah Anda torehkan berorientasi tindakan dan aksi. Bukan semata-mata impian yang mengawang-ngawang.

Keempat, buat detail target waktu atau timeline setiap rencana yang sudah Anda buat. Lalu, rancang format form tracking yang membantu Anda tetap sejalan dengan timeline yang Anda buat. Sehingga Anda tahu apa yang harus Anda lakukan setiap hari, bulan untuk mewujudkan rencana Anda.

Kelima, jadikan resolusi tersebut prioritas pertama selama setahun kedepan. Jangan ada hal lain yang menghalangi Anda mencapai resolusi ini. Misalnya saja Anda sudah menetapkan target jika tahun yang akan datang Anda ingin menyelesaiakn studi S2 di bidang Manajemen Bisnis. Implikasinya Anda dapat saja menolak tawaran pimpinan Anda yang bermaksud menugaskan Anda mengikuti pelatihan selama 6 bulan ke London pada awal tahun, karena hal tersebut dapat mengorbankan perkuliahan Anda, sehingga Anda gagal meraih tujuan Anda.

Keenam, jika Anda gagal mewujudkan resolusi yang sudah Anda gariskan, saran terbaik adalah belajarlah dari kegagalan Anda! Jangan kecil hati, karena setidaknya Anda sudah mulai melangkah untuk mencapainya. Sehingga resolusi yang Anda susun bukan semata-mata produk ritual menjelang tahun baru.

Masih ada waktu sampai sebelum tanggal 31 Desember 2014. Nah, tunggu apa lagi? Yuk mulai menyusun resolusi untuk tahun depan!

Oleh: Wahyu K.
(Dikutip dari berbagai sumber)