Tips Meninggalkan Rumah Saat Pergi Liburan

30 Desember 2014 Artikel Pendidikan


Liburan akhir tahun menjadi momen yang ditunggu-tunggu bagi sebagian orang. Tidak jarang orang memanfaatkan liburan ini sebagai momen pulang ke kampung halaman atau berlibur keluar kota.

Bagi Anda yang hendak bepergian jauh dan meninggalkan rumah untuk jangka waktu yang lama, sebaiknya berhati-hati. Selain kesenangan dalam berlibur, tentunya Anda tidak melupakan keamanan di dalam rumah bukan? Kejadian yang tidak diinginkan bisa saja terjadi kapan saja dan dimana saja, termasuk di rumah saat ditinggal pergi liburan.

Berikut tips kemanan rumah yang ditinggalkan saat liburan:

Mengganti lampu rumah dengan lampu sensor cahaya

Pasanglah lampu rumah dengan alat sensor cahaya. Alat ini berfungsi untuk mengendalikan kapan lampu menyala dan padam sehingga peluang kemalingan dalam rumah teratasi.

Periksa listrik dan pengkabelan serta tabung gas

Periksa kembali dan pastikan alat-alat elektronik di rumah telah terlepas dari sambungan stop kontak. Perhatikan juga konektor pada stop kontak yang bercabang dan lepaskan dari sambungan. Hal ini akan meminimalisir resiko terjadinya kebakaran karena hubungan arus pendek listrik. Tak lupa untuk melepaskan selang tabung gas jika tidak digunakan. Hal tersebut juga menjadi salah satu penyebab timbulnya kebakaran.

Mengunci pintu dan simpan kunci kendaraan

Periksa beberapa kali sampai yakin pintu Anda terkunci dengan benar. Untuk berjaga-jaga, tambahkan gembok untuk keamanan yang berlapis pada pintu rumah Anda. Untuk mengamankan jendela, tak ada salahnya untuk pasang teralis pada rumah Anda agar pencuri tidak bisa masuk lewat jendela. Hal yang penting ialah menyimpan kunci kendaraan Anda. Usahakan bawa kunci kendaraan Anda atau bisa dititipkan ke kerabat atau tetangga yang bisa dipercaya.

Memberitahu tetangga dan security

Hal terpenting yang tidak boleh terlewatkan ialah dengan memberitahu tetangga dan security yang Anda percayai untuk mengawasi rumah Anda. Pamitlah dan meminta tolong untuk mengawasi rumah Anda dan memberi tahu jika ada sesuatu yang terjadi di rumah.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)