Tips Mengisi Liburan Sekolah dengan Biaya Murah

20 Juni 2017 Artikel Pendidikan


Pada umumnya masa liburan sekolah merupakan masa yang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Karena adanya liburan sekolah, anak bisa mengerjakan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan dan terbebas dari tugas-tugas sekolah yang rutin mereka lakukan. Terlepas dari berat ringannya tuntutan tugas sekolah yang harus mereka kerjakan sehari-hari, pada dasarnya setiap manusia tak terkecuali anak membutuhkan liburan. Liburan diperlukan karena tubuh dan pikiran manusia perlu penyengaran dan pembaharuan kembali setelah sekian lama menjalani kegiatan-kegiatan rutinnya sehari-hari.

Bagaimana jika anggaran liburan yang tersedia sangat terbatas atau malah tidak ada? Sebagai orangtua kita bisa mencari alternatif lain untuk memberi anak-anak kegiatan dalam mengisi liburan mereka dengan dana yang terbatas namun tetap mampu memperkaya pengetahuan dan kreatifitas mereka. Apa saja bentuk kegiatan yang mampu mengisi liburan sekolah tanpa biaya mahal?.

Belajar membuat makanan
Ajarkan cara membuat makanan kecil yang sederhana seperti cheese stick, pancake, donat, bolu kukus, kue kering dengan aneka bentuk cetakan kue yang lucu. Biarkan anak Anda mengerjakan sebagian besar proses pembuatannya, Anda hanya membantu bagian-bagian yang sulit seperti menggoreng, atau memasukkan ke dalam oven.

Membuat kerajinan tangan
Anda dapat mengajarkan cara membuat gantungan kunci, gantungan untuk handphone atau boneka kecil sederhana dengan bahan flanel. Jika khawatir anak Anda terluka saat memegang jarum jahit, Anda lah yang mengerjakan bagian menjahit dan biarkan anak Anda yang memasukkan bahan-bahannya ke dalam flanel yang sudah dijahit atau menempelkan hiasan pada kain flanel dengan menggunakan lem.

Bermain dengan permainan kreatif
Permainan kreatif banyak dijual di toko-toko dengan harga yang tidak terlalu mahal. Permainan ini akan merangsang daya kreativitas dan imajinasi anak. Pemainan seperti menyusun puzzle, membangun rumah-rumahan dengan menggunakan blok-blok kayu, mewarnai patung berbentuk tokoh-tokoh kartun atau membuat gelang dan kalung beraneka warna yang banyak dijual di toko yang menyediakan bahan-bahan untuk membuat aksesoris.

Berkebun
Jika rumah Anda memiliki halaman yang cukup luas, ajak anak Anda menanam tanaman hias yang dia sukai, dan biarkan dia yang menyiram serta merawatnya.

Berkemah
Jika Anda sekeluarga menyukai alam, Anda bisa mencoba berkemah di kaki gunung atau di tepi pantai. Ajak keluarga Anda menikmati pemandangan saat matahari terbenam dan menunggu matahari terbit. Namun jika tidak memungkinkan untuk pergi jauh, manfaatkan halaman rumah Anda untuk tempat berkemah.

Sebenarnya kegiatan yang dilakukan selama liburan adalah kegiatan yang dilakukan bersama seluruh anggota keluarga, sehingga mampu mendekatkan kembali ikatan kekeluargaan yang kadang terabaikan oleh kesibukan masing-masing. Jadi kegiatan apapun yang dilakukan atau pergi kemana selama liburan tidak lagi jadi masalah selama kegiatan tersebut dilakukan bersama-sama.

Selamat berlibur...

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)