Tips Mengisi Liburan Bersama Anak di Rumah

17 Desember 2016 Artikel Pendidikan


Anak-anak pastinya bergembira apabila Anda merencanakan untuk berlibur bersama. Liburan memang sangat identik dengan pantai, pegunungan atau wahana permainan anak. Namun apabila Anda tidak mempunyai rencana untuk berlibur di luar rumah maka tidak perlu khawatir akan hal ini. Liburan memang tidak harus pergi ke suatu tempat. Untuk mengisi waktu liburan anak, Anda juga bisa melakukannya di rumah. Hal yang paling penting adalah kreativitas Anda dalam menciptakan suasana yang menyenangkan bagi anak. Berikut ini adalah beberapa tips liburan di rumah bersama anak yang bisa Anda lakukan.

Pasang kemah

Jika suasana didalam rumah terkesan membosankan buat anak, Anda juga bisa berinisiatif mengajaknya untuk berkemah di halaman rumah. Anda bisa mendirikan tenda selayaknya berkemah di alam bebas dan melakukan segala aktivitas seperti sedang berkemah.

Berkebun

Mengajak anak berkebun merupakan sebagai salah satu cara mengajarkan anak mencintai lingkungan. Pertama-tama Anda bisa memulainya dengan mengajarkan anak bagaimana cara menanam bunga di halaman atau menanam sayuran di pekarangan rumah. Kegiatan ini akan membuat liburan anak Anda tidak membosankan meskipun berada di rumah.

Permainan tradisional

Kini permainan tradisional sudah mulai terlupakan. Anak-anak lebih senang bermain gadget, tidak ada salahnya Anda memperkenalkan permainan tradisional. Ajaklah anak Anda untuk bermain permainan tradisiona, seperti petak umpet, gundu atau main karet. Ini bisa Anda lakukan ketika sore hari pas Anda sudah pulang kerja. Dengan permainan tradisonal ini, Anda dapat membantu anak dalam mengasah motorik, strategi dan juga sosialisasi.

Membuat kue

Dengan belajar memasak dan membuat kue, selain dapat membuat anak mengisi waktu libur juga dapat membuat anak memiliki keterampilan baru. Ajaklah anak Anda membuat kue yang sederhana. Biasanya anak mudah bosan sehingga beberapa kue yang sederhana tidak akan membuatnya terlalu memakan waktu lama.

Mengajak anak bersepeda

Selain untuk mengisi waktu liburan, kegiatan bersepeda bersama anak sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Ajaklah buah hati Anda untuk bersepeda santai berkeliling komplek perumahan pada pagi atau sore hari.

Usahakan supaya Anda tidak membuat anak kecewa atau merasa bosan ketika mengisi waktu liburan mereka walaupun dilakukan hanya di rumah. Anda harus menciptakan suasana liburan anak di rumah yang kreatif dan menyenangkan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)