Tips Mengatasi Salah Tingkah

15 April 2014 Artikel Pendidikan


Pernahkah Anda merasa salah tingkah? Anda berada di keramaian dimana banyak orang-orang berkumpul dengan teman-temannya, sedangkan Anda hanya seorang diri tak memiliki kenalan sama sekali. Merasa ingin bergabung tetapi takut salah tingkah, ingin pergi dari situ tetapi ada kebutuhan yang mendesak sehingga Anda harus disitu.

Nah, apakah Anda merasa gugup berada di sekitar orang-orang? Apakah Anda selalu mengalihkan pandangan ketika berbicara atau salah tingkah? Hal ini menunjukkan jika Anda tidak mempunyai rasa percaya diri.

Berikut beberapa tips dan cara mencegah salah tingkah diantara keramaian orang:

1. Lebih bersosialisasi
Penting untuk bersosialisasi demi mendapatkan kepercayaan diri. Jika Anda tidak bersosialisasi cukup, Anda tidak akan cukup percaya diri untuk bertemu orang baru. Semakin Anda bersosialisasi, Anda akan makin percaya diri. Bersosialisasi memungkinkan Anda bertemu orang baru, sehingga juga meningkatkan kemampuan komunikasi Anda.

2. Tersenyum
Tetap percaya diri dan tersenyum ketika Anda dengan orang lain. Tidak ada yang perlu ditakutkan, perlakukan mereka sebagai sama Anda. Tersenyum dan membuat kontak mata dengan mereka, akan membantu untuk meningkatkan tingkat kepercayaan diri Anda. Senyum Anda juga dapat memancarkan kecantikan Anda.

3. Penampilan yang baik
Penampilan yang bersih, rapi dan sopan akan meningkatkan rasa percaya diri Anda. Anda tidak perlu tampil menor dengan bedak yang tebal.

4. Menjaga postur tubuh yang tepat
Menjaga sikap yang baik dengan postur tubuh yang tepat ketika Anda berada di sekitar orang-orang akan menunjukkan rasa percaya diri Anda. Sering menunduk membuat Anda makin minder dan jarang memulai pembicaraan. Tetap bersikap rileks.

5. Menarik napas dalam-dalam
Menarik napas dalam-dalam saat gugup akan membantu Anda untuk lebih santai. Ambil napas sebelum memulai pembicaraan. Setelah cukup tenang baru Anda mulai percakapan.

6. Berdoa dan yakin
Jalan terakhir untuk mengatasi rasa tegang atau grogi adalah dengan berdoa. Doa sangat ampuh untuk menenangkan pikiran manusia. Setelah berdoa, yakinlah bahwa Anda bisa mengobrol dan menghadapi dengan lebih santai.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)