Tips Mengatasi Perasaan Takut dan Khawatir

26 April 2018 Artikel Pendidikan


Dapat dipastikan setiap orang pasti pernah mengalami ketakutan dalam hidupnya. Beda orang biasanya beda ketakutannya, ada yang takut gelap, ada yang takut sama binatang, ada yang takut sama guru, takut sama dosen, takut sama orang tua, takut sama senior, takut sama bos, takut sama pelanggan/klien, dan lain sebagainya. Sebenarnya ketakutan adalah keadaan pikiran dan pada umumnya ketakutan biasanya disebabkan karena imajinasi diotak kita yang akhirnya sampai di alam bawah sadar atau juga bisa dikarenakan ketidaktahuan kita tentang objek yang membuat kita takut.

Pernahkah Anda takut dan merasa khawatir terhadap sesuatu yang belum jelas? Pernahkan Anda mengalami hal tersebut ? Jika tidak maka Anda harus bersyukur, sebab di luar sana banyak orang mengalami tekanan dan depresi sehingga mengakibatkan berbagai macam perasaan takut dan khawatir yang berlebihan. Bagi Anda yang pernah mengalami hal tersebut atau bahkan mungkin sedang mengalami ketakutan dan perasaan cemas yang berlebihan.

Berikut beberapa tips mengatasi perasaan takut dan khawatir pada diri Anda:
1. Ambil napas dalam-dalam

Setiap kali Anda merasa gelisah dan khawatir, ambilah napas dalam-dalam lewat hidung dan keluarkan pelan pelan melalui mulut dan usahakanlah untuk bersantai, lakukan beberapa kali sampai Anda merasa sedikit tenang. Yakinkan dalam diri Anda bahwa ini semua hanya perasaan saja dan bukan kejadian yang harus ditakutkan. Teknik pernapasan seperti ini akan memperlambat detak jantung dan membuat Anda tenang dan siap untuk mengambil langkah selanjutnya

2. Cari tahu alasannya
Usahakan sebisa mungkin untuk mengetahui mengapa Anda merasa takut dan khawatir, atas dasar apa Anda merasa takut ? mungkin agak sulit, tapi cobalah berusaha untuk mengetahuinya. Hal ini penting untuk mencari cara yang tepat untuk menghilangkan perasaan khawatir itu.

3. Alihkan perhatian Anda
Jika Anda benar-benar ingin menghilangkan perasaan takut dan khawatir, cobalah untuk mengalihkan pikiran dan perhatian Anda dengan mengerjakan sesuatu yang menjadi hobi dan kesukaan Anda, seperti membaca, ngobrol dengan teman, olah raga atau apapun itu yang bisa membuat Anda bahagia.

4. Istirahat yang cukup
Tidur yang cukup, biasanya sekitar 8 jam/hari akan membantu menenangkan diri Anda dan setidaknya mengurangi perasaan takut dan khawatir Anda.

5. Bicara kepada sahabat
Ini adalah ide yang cerdas untuk membahas semua rincian khawatir Anda dengan teman dan keluarga . Diskusikan semua kekhawatiran dan ketakutan Anda. Hal ini akan membantu Anda untuk menyingkirkan setengah dari kekhawatiran Anda .

6. Berdoa dan Bersyukur
Merasa bersyukur dalam kehidupan sehari-hari Anda sangatlah penting. Kebiasaan bersyukur untuk setiap hal yang baik memenuhi Anda dengan energi positif. Doa adalah berterima kasih kepada Tuhan untuk semua hal yang baik dan bersikap jujur tentang semua masalah dan perasaan-perasaan Anda, hal ini akan membuat Anda tenang dan merasa nyaman.

Tips diatas bisa Anda lakukan dan dapat membantu Anda untuk menghilangkan perasaan takut dan khawatir yang berlebihan. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)