Tips Mengatasi Anak Terlalu Aktif Berbicara

2 September 2019 Artikel Pendidikan


Memiliki anak yang cenderung sangat aktif hingga tidak bisa diam, pasti menjadi hal yang memusingkan sekaligus menjengkelkan bagi orang tua. Setiap anak yang aktif menunjukkan bahwa kondisi mereka sehat. Namun jika anak terlalu aktif berbicara, orangtua justru sering menghadapi kesulitan.

Berikut ini solusi dalam menangani anak yang terlalu aktif berbicara:
1. Berbicara dan mendengarkan

Jangan pernah mencegah anak yang aktif berbicara. Anda perlu mengajari mereka mengenai konsep mendengarkan. Ketika mereka berbicara Anda dapat mendengarkan, begitupun sebaliknya. Ketika Anda berbicara dengan anak, pikirkanlah topik menarik bagi mereka.

2. Membaca
Ini bisa menjadi salah satu acara untuk membuat anak mengurangi kebiasaan aktif berbicara. Anak-anak suka berbicara mengenai banyak cerita. Sehingga, mereka juga menikmati bacaan mengenai cerita baru. Hal ini berlaku bagi anak yang berusia di atas tiga tahun. Dengan metode ini, Anda dapat mengajarkan pentingnya membaca kepada anak.

3. Waktu untuk diam
Anda perlu mengajarkan kepada anak betapa pentingnya untuk diam. Cara melakukannya, Anda bisa mengajak anak ke perpustakaan atau memiliki jam khusus untuk diam. Dengan cara ini, anak akan belajar dari Anda dan orang lain bahwa berbicara tidaklah selalu diperlukan. Anda bisa memulai jam diam selama 10 menit untuk permulaan .

4. Alihkan energi
Sebagai orang tua, Anda menyadari bahwa anak memiliki energi dalam jumlah yang besar. Tidak diragukan lagi bahwa mereka perlu menguras energi. Salah satu tips mengasuh anak yang aktif berbicara dalah dengan melibatkan mereka berbicara banyak dalam satu waktu. Anda dapat mengalihkan energi mereka untuk kegiatan fisik lainnya seperti bermain di taman atau melibatkan mereka dalam seni dan kerajinan.

5. Bersabar
Sabar adalah kuncinya. Tidak diragukan lagi bahwa anak Anda ingin mengetahui segala sesuatu di sekitarnya. Ini adalah alasan mengapa mereka terus berbicara dan mengajukan pertanyaan. Salah satu tips yang paling penting untuk orangtua dalam menghadapi anak yang aktif berbicara adalah tetap tenang. Teruslah menjelaskan banyak hal pada mereka, tidak peduli seberapa sering mereka bertanya kepada Anda.

Semoga bermanfaat..

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)