Tips Mengajari Anak Supaya Menghargai Orang Lain

7 Februari 2014 Artikel Pendidikan


Anak menjadi harta paling berharga bagi para orangtua. Anak akan lebih mudah menyerap semua pelajaran yang berada di sekitar, termasuk dalam masalah sikap. Pendidikan dari orangtua akan sangat berpengaruh ke depannya bagi anak tersebut. Sikap dan perilaku anak akan lebih mudah dibentuk dan diajarkan pada usia dini.

Salah satu sikap dan perilaku yang harus dipelajari anak sejak usia dini adalah menghargai dan menghormati orang lain. Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh orangtua untuk mengajari anak untuk menghormati dan menghargai orang lain. Bagaimana cara mengajari anak agar menghargai orang lain?.

Berikut beberapa cara mendidik anak agar menghargai orang lain.
1.Berikan Contoh

Jadilah teladan yang baik bagi anak dalam menghargai orang lain. Jika orangtua biasa berlaku sopan terhadap orang lain, maka anak akan dengan sendirinya akan mengikuti cara orangtua bergaul. Sebaliknya jika orangtua biasa berkata dan berlaku kasar, anak juga cenderung lebih mudah meniru perilaku tersebut.

2.Bimbing Secara Langsung
Ajari anak untuk menyapa, memanggil, mengucapkan salam, mengucapkan terima kasih dsb kepada orang lain secara sopan menggunakan bahasa yang baik.

3.Bersikap Bijaksana terhadap Anak
Berlakulah bijaksana terhadap anak pada saat anak membuat kesalahan atau melanggar aturan yang disepakati bersama. Hargai pendapat anak dan berikan bimbingan dengan kasih sayang.

4.Berikan Pemahaman Mengapa Kita Harus Menghargai Orang Lain
Jelaskan kepada anak mengenai apa manfaat menghargai orang lain, dan apa akibat buruk jika tidak menghargai orang lain.

5.Ajarkan Anak Meminta Maaf Jika Berbuat Salah
Mintalah anak untuk memohon maaf kepada orang lain jika telah berbuat kesalahan atau merugikan orang lain. Orang tua juga harus mau mengakui kesalahan dan meminta maaf kepada anak jika telah berbuat kesalahan kepada anak.

6.Berikan Penghargaan
Berikan penghargaan atas perilaku positif anak dalam menghargai orang lain, misalnya dengan memberikan pujian.

7.Ajarkan Makna Kejujuran dan Tanggung jawab
Tidak ada orang yang suka dibohongi atau dirugikan. Berlaku jujur dan bertanggungjawab tidak hanya membuat seseorang disukai dan dihargai, tetapi juga membangun rasa percaya diri atas kemampuan sendiri.

8.Ajarkan Anak untuk Menghargai Perbedaan
Sebagian orang tidak menghargai orang lain hanya karena perbedaan ide, suku, agama, dan lain sebagainya. Berikan penjelasan kepada anak bagaimana seharusnya menyikapi perbedaan secara positif dengan tetap menghargai orang lain.

9.Beri Kesempatan Anak untuk Memperbaiki Diri
Terkadang anak sulit untuk menerima masukan dari orang tua. Seiring dengan berjalannya waktu anak akan dapat menilai mana sikap yang memiliki nilai positif dan mana sikap yang memiliki nilai negatif. Sebagai sebuah pembelajaran, perbaikan sikap membutuhkan waktu dan upaya berkesinambungan.

Contoh yang baik akan diserap dengan mudah oleh anak,begitu juga sebaliknya dengan contoh yang buruk. Perilaku anak mencerminkan pendidikan dari orangtua mereka sendiri.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)