Tips Mendukung Anak Agar Sukses

21 Agustus 2018 Artikel Pendidikan


Salah satu faktor penting untuk mendukung atau terciptanya kesuksesan bagi anak-anak adalah orang tua. Selain faktor dari anak itu sendiri, lingkungan atau teman, pendidikan atau sekolahan, dukungan dari orang tua yang paling penting dan sangat dibutuhkan oleh sang anak, karena merekalah orang yang terdekat dengan anak dan juga sebagai pengawas dari anak sedari usia dini hingga dewasa .

Karakter dan kesuksesan seseorang bisa dicapai, salah satunya adalah karena sejak dini mereka sudah menerapkan atau memiliki pandangan yang luas dan bertingkah laku yang sering dicontohkan atau dibimbing oleh orang tua mereka.

Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu anak meraih kesuksesan:
1. Memahami anak

Jangan hanya menilai anak dari tingkat prestasi akademiknya saja, namun dari karakter atau kemampuannya yang lain juga. Tidak semua anak bisa menjadi juara dikelasnya. Bimbinglah dia ke arah atau kemampuan yang dimilikinya selain hanya fokus ke prestasi akademik mereka saja. Jangan hancurkan mimpi anak Anda dengan menyuruhnya belajar terus menerus agar bisa mendapat prestasi yang bagus dikelasnya. Prestasi juga penting, namun ada baiknya pula mempertimbangkan kemampuan anak yang lain.

2. Mendidik anak mandiri
Agar anak tidak selalu bergantung dan manja kepada orang tua, Anda harus membiasakan anak untuk mandiri, terkadang biarkanlah anak untuk mencoba mengatasi masalah yang mereka hadapi sendiri, Anda cukup mengawasi saja. Hal ini ditujukan agar kelak anak Anda bisa menyelesaikan masalahnya sendiri. Anda juga harus mendidik sesuai dengan prinsip yang Anda pegang. Jika dia salah, Anda harus berani menegur dan memberi peringatan.

3. Lebih dekat dengan anak
Keakraban atau kedekatan orang tua dengan sang anak sangatlah penting. Dengan menjadi orang tua maupun sahabat bagi anak, Anda bisa saling bertukar pikiran dan membahas banyak hal. Dari sinilah Anda bisa mengarahkan anak Anda secara terperinci. Anda bisa memberi penjelasan dengan nyaman tentang cita-cita anak Anda.

4. Menjadi contoh dan teladan bagi anak
Orang tua yang baik dalam berkata, bersikap maupun bertingkah laku dan keluarga yang harmonis dan memberikan kasih sayang yang cukup merupakan satu teladan yang baik dan patut dicontoh oleh anak mereka. Jika orang tua berkata benar dan tidak berbohong, juga tidak menggunakan kekerasan dalam mendidik, sang anak pun akan tumbuh sama seperti yang dicontohkan oleh kedua orang tua. Karena orang tua lah yang hidup sehari-hari dan banyak menghabiskan waktu bersama mereka. Anak pun akan tumbuh dan memiliki perilaku yang baik pula tentunya dan hal itu pula bisa mengantarkan mereka ke gerbang kesuksesan.

Orang tua sibuk meminta anak-anaknya belajar segala sesuatu tetapi mereka sendiri lupa untuk belajar.Padahal wawasan luas yang dimiliki orang tua menentukan pendidikan dan pengasuhan seperti apa yang akan diterima oleh anaknya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)