Tips Mendidik Anak Agar Gemar Membaca

10 Juli 2013 Artikel Pendidikan


Membaca merupakan gerbang ilmu dan kunci sukses dalam dunia akademis anak. Oleh karena itu kebiasaan membaca harus diajarkan sejak anak usia dini. Tapi untuk mendidik anak agar rajin membaca bukanlah pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan rangsangan yang tepat agar anak mau terbiasa membaca sejak kecil. Para orang tua harus kreatif dan cerdas dalam mengajarkan kebiasaan membaca untuk anak. Karena dalam mendidik anak agar gemar membaca diperlukan cara dan tips yang tepat sehingga anak mau sedikit-sedikit menyukai kebiasaan membaca.

Menurut seorang pakar pendidikan yaitu Sharon Darling menyatakan bahwa kebiasaan membaca merupakan kunci keberhasilan dunia akademis anak, Sharon Darling merupakan pendiri dari National Centre for Family Literacy. Tapi dalam mendidik agar anak memiliki kebiasaan membaca membutuhkan ketelatenan. Mengingat membudidayakan membaca di negara berkembang sepeti Indonesia membutuhkan perjuangan yang berat. Banyak hal yang menyebabkan tantangan ini semakin bertambah. Diantaranya adalah lingkungan masyarakat Indonesia yang sedikit sekali gemar membaca.Tentunya lingkungan sangat mempengaruhi terhadap minat baca anak.

Berikut cara dan tips agar anak suka membaca.

1.Berikanlah contoh perilaku gemar membaca kepada anak. Dengan menunjukkan kepadanya bahwa kita sebagai orangtuanya memiliki kesenangan untuk membaca, karena anak akan meniru apa yang dilakukan oleh orangtua. Lakukanlah sebisa mungkin setiap harinya, agar anak mudah mengingat dan memahami apa yang telah dibacanya.

2.Mengalokasikan dana. Para orang tua hendaknya menyisihkan sedikit penghasilannya untuk membeli buku. Baik itu untuk anak-anak maupun untuk orang tua itu sendiri. Ajak anak untuk ikut mengunjungi toko buku agar anak memiliki minat baca. Buku yang dibeli tidak harus mahal tapi belilah buku yang bisa memberikan manfaat.Untuk anak-anak biasanya suka melihat buku cerita yang menampilkan gambar baik itu gambar binatang, kendaraan dan lain sebagainya.

3.Berikan anak kesempatan untuk memilih buku yang akan dibacanya. Hal ini akan membantu anak untuk lebih mudah tertarik pada buku bacaan. Alangkah lebih baik jika mengunjungi perpustakaan secara rutin untuk membantu proses pemilihan buku oleh anak agar menjadi lebih menyenangkan.

4.Anak-anak biasanya akan lebih terpancing dengan gambar dan warna yang menarik. maka sebelum memilih buku yang akan dibaca, diskusikanlah bersama anak mengenai isi buku tersebut dengan terlebih dahulu membahas apa yang bisa terlihat dari sampul depan buku. Dan ajaklah anak untuk menebak kira-kira apa ya isinya berdasarkan gambar dan warna di sampul tersebut.

5.Membuat perpustakaan keluarga. Mengumpulkan buku yang sudah berserakan dimana-mana menjadi satu tempat akan membuat suasana kondusif sehingga minat baca tetap terjaga. Buatlah ruangan khusus baca agar anak tertarik menyimpan koleksi bukunya sehingga anak akan tertarik untuk membeli buku baru lagi.

6.Sampaikanlah pesan moral. Setelah membacakan buku dan berikan penekanan kata-kata penting yang bisa bermanfaat untuk anak.

Membaca merupakan gerbangnya ilmu. Oleh karena itu kebiasaan ini harus terlatih sejak anak usia dini. Jangan biarkan anak tumbuh dengan jumlah kualitas membaca yang sedikit. Mari jadikan kegiatan membaca menjadi kegiatan yang rutin sehingga akan bisa menambah ilmuan kita dan terutama anak-anak, pengetahuan bisa luas dikarenakan banyak membaca.

(Dikutip dari berbagai sumber)