Tips Mendapatkan Nilai Bagus

17 Mei 2015 Artikel Pendidikan


Anda selalu terbayang terhadap nilai buruk pada semester lalu yang terus menghantui. Kalau semester ini nilai masih jelek, bisa-bisa Anda mengulang banyak mata kuliah.

Nilai jelek memang menjadi mimpi buruk semua mahasiswa. Nyatanya, jika mahasiswa bisa menyeimbangkan kehidupan akademik dengan kebiasaan hura-hura di luar kampus, nilai buruk pun akan jadi masa lalu. Kuncinya, berusaha lebih giat lagi.

Intip cara meraih nilai bagus dengan mudah.

Atur Jadwal

Usahakan untuk menemukan sistem pengaturan untuk semua catatan kuliah, informasi tugas dan deadlinenya hingga janji temu yang harus dipenuhi. Anda bisa menggunakan buku agenda, aplikasi di gadget atau menggunakan kalender dinding. Keteraturan itu penting karena dapat menghindarkan kita dari stres.

Jangan membolos

Ini tips klasik tapi tetap relevan untuk terus diulang. Rajin memang pangkal pandai. Apalagi jika disertai dengan kerajinan mencatat informasi penting dari dosen dengan baik dan benar.

Kehadiran di kelas saja sudah akan menyumbang poin dalam penilaian seorang mahasiswa. Bahkan mahasiswa genius sekali pun bisa gagal ujian jika dia kebanyakan bolos. Setiap dosen memiliki kebijakan masing-masing tentang presensi mahasiswanya. Pastikan kamu mengetahui ketentuan ini supaya tidak merugi.

Tidur Cukup

Banyak mahasiswa berpikir belajar mati-matian sampai bergadang semalaman adalah cara terbaik untuk meningkatkan nilai. Sebenarnya, itu tidak sepenuhnya benar.

Kurang tidur akan berakibat buruk bagi tubuh. Konsentrasi dan kondisi kesehatan kita akan menurun. Telah banyak riset yang menyarankan agar kita enggak kurang tidur.

Jadi, jika tidak dapat memenuhi delapan jam tidur, usahakan tubuh kita cukup beristirahat pada malam hari. Nah, salah satu caranya adalah dengan tidak menunda untuk mengerjakan tugas kuliah hingga kita harus bergadang.

Dekati dosen

Pendekatan alias pedekate tidak hanya berlaku untuk kecengan di kampus. Dosen juga harus kita dekati. Tujuannya, agar dosen mengenal kita dan sebaliknya, kita mengenal dosen tersebut; baik dari segi cara pikir, pola penilaian hingga kepribadiannya.

Upaya mendekati dosen juga bisa lakukan untuk mendapatkan pemahaman lebih tentang materi perkuliahan. Para dosen akan mengapresiasi minat kita pada topik perkuliahan yang diampunya. Selain itu, hubungan baik dengan dosen akan menjadi investasi ketika kita membutuhkan rekomendasi untuk beasiswa atau pekerjaan.

Tenang atau santai

Tips ini bukan berarti melegalkan rencana berpesta tiga hingga empat kali dalam seminggu. Ini berarti, harus ada waktu bersantai agar tubuh dan pikiran kita santai. Misalnya, ketika beban ujian terlalu tinggi, ambil "me time" sehingga kita bisa bersantai sejenak sebelum mulai belajar lagi.

Jadi, kenapa harus menunda-nunda tugas hingga menjelang deadline, lebih baik kerjakan langsung hingga selesai. Dengan begitu, di akhir pekan kita bisa bersantai atau main dengan teman-teman.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)