Tips Mendampingi Si Kecil Menghadapi Ujian Sekolah

17 Oktober 2019 Artikel Pendidikan


Banyak orang tua kurang memperhatikan anaknya ketika ia hendak menghadapi ujian di sekolahnya. Alhasil, tidak sedikit anak yang mendapatkan hasil yang kurang memuaskan karena pengawasan orang tua yang sedikit dalam mendampingi anak untuk belajar menghadapi ujian.

Padahal, peran orang tua sangat penting dalam hal ini. Guru disekolah hanya mampu memberi arahan dan bimbingan di sekolah saja. Maka orang tua juga harus ikut andil dalam pembelajaran sebagai guru di rumah bagi anak.

Bagi si kecil yang ingin menghadapi ujian, berikut tips bagi Anda sebagai orang tua dalam mendampingi si kecil menjelang ujian:

Ciptakan suasana nyaman saat belajar

Banyak hal yang bisa buat suasana belajar menjadi nyaman. Mendengarkan musik favorit si kecil, belajar di tempat yang kondusif serta nyaman dan lain sebagainya. Buatlah suasana belajar anak Anda sesuai keinginannya. Kuncinya jangan sampai aktivitas belajar anak mengganggu dan terganggu oleh pihak lain. Mengingat gaya belajar setiap anak pastinya berbeda-beda.

Menjaga fokus di kelas

Karena Anda tak tahu secara detil bagaimana tingkah laku anak di kelas, maka kerja sama dengan guru wali kelas sangat diperlukan. Tak ada salahnya Anda bertanya pada bapak/ibu guru apakah anak Anda sering kehilangan fokusnya selama pelajaran berlangsung. Jika ya, maka Anda perlu menasehati dan melatihnya agar selalu berkonsentrasi selama pelajaran berlangsung.

Ini perlu dilakukan karena anak akan lebih dapat mengingat banyak hal saat ia fokus pada segala hal yang ada di depannya, sehingga ia tak perlu bersusah payah belajar untuk ulangan karena masih mampu mengingat materi ajar yang disampaikan guru.

Bermain secukupnya

Seimbangkan antara waktu bermain si kecil dan belajar. Manusia bukanlah robot yang dapat bekerja tanpa henti dan tanpa emosi, demikian pula anak-anak kita. Hargailah kerja keras mereka dengan sesuatu yang telah mereka nantikan, misalnya membiarkan mereka menonton film kartun kesayangan selama 30 menit atau bermain di luar sebentar sebelum belajar kembali.

Sediakan Waktu Untuk Istirahat

Belajar semalam suntuk akan percuma jika tidak diiringi istirahat yang cukup. Belajar juga tidak akan fokus jika kondisi tubuh tidak fit. Sediakan waktu untuk beristirahat setelah belajar. Hal ini sangat dianjurkan karena beberapa penilitian menunjukan orang yang belajar kemudian tidur sejenak, maka materi yang sebelumnya dipelajari akan mudah diingat.

Tak lupa Anda sebagai orang tua juga selalu memotivasi dan memberi support penuh kepada anak. Berdoa kepada Tuhan agar dimudahkan selama ujian serta menjaga kesehatan anak agar dalam kondisi prima dalam menghadapi ujian.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)