Tips Mendampingi Anak Berkebutuhan Khusus

27 Oktober 2014 Artikel Pendidikan


Setiap anak memiliki latar belakang dan perkembangan yang berbeda-beda, oleh karena itu setiap anak mungkin memiliki kebutuhan khusus serta kesulitan belajar yang berbeda - beda pula, sehingga setiap anak memerlukan layanan pendidikan yang sesuai dengan kesulitan belajar dan kebutuhan masing-masing anak. Anak berkebutuhan khusus, atau yang biasa disebut anak keterbelakangan mental, dapat diartikan sebagai seorang anak yang memerlukan pendidikan yang disesuiakan dengan kebutuhan individu dan kesulitan dalam belajar.

Tentu mendampingi anak berkebutuhan khusus tidaklah mudah. Ada anak yang sulit diatur karena hiperaktif, mengulang-ulang kata, hingga suka mengamuk. Hal tersebut membuat kebanyakan orang tua memberi pengasuhan pada babysister ketimbang mengasuhnya sendiri.

Berikut ini ada beberapa tips untuk orangtua dalam mendampingi anak yang berkebutuhan khusus:

1.Mempersiapkan diri

Ada fase - fase yang akan dilakukan orang tua, seperti menyangkal, menyalahkan, hingga menerima keadaan anak. Konsultasikan dengan support group atau dokter untuk mendapatkan informasi tentang masalah yang dihadapi anak.

2.Pantaulah dan dampingi anak setiap saat

Setiap anak pasti akan membutuhkan bantuan, sehingga orang tua harus selalu mendampinginya. Ketika anak tidak berkembang sesuai usianya, coba amati apa yang terjadi dengannya. Bila ada sesuatu yang mencurigai pada perilaku anak, segeralah ke dokter anak. Namun seiring waktu, sedikit demi sedikit, kurangi pendampingan hingga anak mulai bisa mandiri.

3.Banyak-banyaklah berinteraksi dengan anak

Luangkan waktu untuk menstimulasi anak dengan cara mengajaknya bermain, bercerita, bernyanyi, dan lain - lain. Sebagian banyak orang tua langsung memberi terapi atau dimasukkan sekolah bila melihat ada yang tidak beres pada anak.

4.Bekerja sama dengan sekolah

Komukasi yang baik antara orang tua dengan sekolah akan membuat anak lebih mudah beradaptasi di sekolahnya. Saat ini pemerintah sudah menyediakan sekolah inklusi, yaitu sekolah regular yang menerima anak berkebutuhan khusus dan menyediakan layanan pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan anak.

Dan kunci utama dalam mendampingi anak berkebutuhan khusus adalah sebuah kepekaan dan kepedulian kepada anak tersebut. Mereka tidak peduli seberapa pintar guru yang mengajarkan mereka. Mereka lebih membutuhkan kepedulian sosok orang tua.

Semoga tipsnya bermanfaat!

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)