Tips Mempersiapkan Liburan Natal dengan Keluarga

21 Desember 2018 Artikel Pendidikan


Liburan natal sebentar lagi, liburan akan membuat kita maupun keluarga menjadi rileks dan meninggalkan kesan yang sangat indah jika liburan itu menyenangkan dan lancar sesuai dengan rencana. Liburan natal memang merupakan momen terbaik bagi para keluarga untuk berkumpul bareng. Berbagai persiapan untuk natal sudah mulai dipersiapkan tentunya. Lalu, bagaimana dengan liburan natal dengan keluarga Anda? Apakah Anda sudah memikirkan dan mempersiapkan libur natal dengan keluarga Anda? Kalau belum Anda siapkan, berikut ini adalah tipsnya:

Menentukan anggaran
Jauh-jauh hari sebelum libur natal, sebaiknya Anda menabung terlebih dahulu karena, selain untuk liburan natal, banyak persiapan natal lainnya yang harus Anda beli atau persiapkan. Sebaiknya Anda harus mulai menyusun daftar dan perencaan anggaran libur natal mulai dari sekarang agar Anda juga dapat menghemat untuk tidak membeli sesuatu yang tidak Anda sangat butuhkan dan Anda bisa sisihkan untuk persiapan liburan natal nantinya.

Menentukan tempat liburan
Tentukan tempat dimana Anda akan menghabiskan libur natal Anda dengan keluarga Anda. Terkadang, anak-anak yang masih bersekolah hanya mendapat libur sebentar saja. Karena itu Anda dan keluarga bisa berlibur ke tempat wisata yang dekat dengan rumah Anda. Sehingga tidak menghabiskan waktu yang cukup lama dalam perjalanan. Anak-anakpun dapat menikmati waktu liburan mereka. Jika rumah Anda jauh dengan obyek atau tempat-tempat wisata, Anda dan keluarga bisa menghabiskan waktu dirumah. Dengan cara bermain dan membuat sesuatu dengan anak-anak. Anda juga dapat bercerita dan mengakrabkan diri dengan keluarga satu sama lain. Anda juga bisa mengadakan pesta Barberque dengan anak-anak Anda atau mengunjungi sanak saudara yang dekat dengan rumah Anda dan merayakan libur natal bersama-sama.

Tentukan hari dan tanggal liburan
Karena kesibukkan atau hal-hal yang lainnya, mungkin tidak semua anggota keluarga bisa mendapat liburan yang sama panjang atau harinya. Anda dan keluarga Anda harus menentukan dulu tanggal dan harinya agar semua bisa ikut untuk menikmati libur natal.

Menentukan transportasi
Anda harus menentukan terlebih dahulu dengan menggunakan apa Anda akan pergi berlibur. Apakah Anda akan melalui jalan darat ataupun yang lainnya. Sebelum libur natal dimulai, biasanya banyak agen atau promo-promo tiket yang ditawarkan. Anda bisa memilih salah satunya. Jika mendapat promo tiket pesawat atau kereta tentunya akan menghemat biaya perjalanan Anda. Jika Anda akan menggunakan kendaraan pribadi seperti motor ataupun mobil, hendaklah Anda memeriksakan atau menservis dahulu kendaraan Anda sebelum digunakan, agar kondisi kendaraan sudah bagus ketika kita akan membawanya pergi untuk berlibur.

Tentukan apa yang perlu dibawa
Yang perlu dibawa ketika berpergian adalah obat-obatan pribadi agar tidak bingung untuk mencarinya ketika perjalanan nantinya. Obat-obatan yang umum seperti minyak kayu putih atau obat maag dan obat anti mabuk juga sangat diperlukan untuk berjaga-jaga. Anda juga bisa membawa bekal atau snack dari rumah, agar tidak usah membeli ketika perjalanan nantinya. Ini juga dapat menghemat anggaran Anda. Mainan atau selimut anak, beberapa anak terkadang menangis atau cenderung moody karena capek di perjalanan. Untuk berjaga-jaga sebaiknya bawalah mainan kesukaan mereka atau selimut yang biasa dipakai untuk tidur, agar mereka bisa lelap selama perjalanan nanti.

Itulah beberapa persiapan dan perencanaan untuk mewujudkan liburan natal Anda lancar dan menyenangkan.
Selamat berlibur...!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)