Tips Memilih Program Studi di Perguruan Tinggi

7 Maret 2014 Artikel Pendidikan


Seorang calon mahasiswa yang akan memilih program studi di perguruan tinggi, harus dilaksanakan dengan cermat dan hati hati, karena kalau sampai salah pilih, maka dapat berakibat pada aspek psikis dan finansial. Dalam memilih program studi, harus sesuai minat dan kemampuannya, karena dari titik situlah keberhasilan calon mahasiswa dapat menyelesaikan studinya dan memperoleh gelar yang dicita-citakan.

Perguruan tinggi adalah sekolah tinggi yang diharapkan mencetak lulusan yang siap kerja. Saat di perguran tinggi seseorang akan mendapatkan pengetahuan khusus sesuai dengan jurusan program studi yang diikuti. Oleh karena itu memilih jurusan studi di perguruan tinggi memerlukan pertimbangan yang matang. Bagaimana cara memilih jurusan studi di peguruan tinggi secara bijak dan tepat?

Berikut beberapa tips memilih jurusan kuliah di peguruan tinggi:
1.Wujudkan Apa Cita-Cita Anda

Jika Anda mempunyai cita-cita yang ingin dicapai, Anda tinggal menentukan program studi mana yang akan mendukung atau mewujudkan cita-cita Anda tersebut. Profesi tertentu membutuhkan pendidikan khusus misalnya dokter, pengacara, guru, arsitek, dan lain sebagainya.

2.Kenali Apa yang Anda Sukai
Sebagian orang telah menujukkan minat pada usia yang relatif muda yang dapat membantu memutuskan bidang studi apa yang akan ditempuhnya. Orang yang suka menggambar mungkin berminat menjadi arsitek, orang yang suka menari mungkin berminat menjadi seniman, dan lain sebagainya.

3.Manfaatkan Bakat Anda
Sebagian orang tidak menyadari bahwa ia memiliki bakat yang dapat membantunya memiliki karier yang baik dalam bidang tertentu misalnya kemampuan berkomunikasi, kemampuan berorganisasi, kemampuan menganalisa, kemampuan memotivasi, kemampuan mengajar, kemampuan menulis, dan lain sebagainya. Jika Anda belum menemukan kelebihan atau bakat Anda, Anda dapat bertanya kepada orang dekat seperti orangtua, saudara, famili, sahabat, guru, dan lain sebagainya.

4.Pikirkan Pekerjaan Apa yang Anda Minati
Tidak dipungkiri bahwa alasan utama orang yang ingin kuliah di perguruan tinggi agar bisa mendapatkan pekerjaan yang layak, penghasilan yang baik, dan sesuai dengan minat. Anda sebaiknya sudah memiliki altrenatif pada bidang apakah Anda akan bekerja misalnya, teknik, kesehatan, keuangan, seni, informatika, dan lain sebagainya.

5.Kembangkan Apa yang Telah Anda Kerjakan
Sebagian orang telah menekuni pekerjaan tertentu, baik disadari maupun tidak. Hal ini akan membantu menentukan bidang studi yang akan dipilih jika ia ingin mengembangkan diri di bidang yang telah ditekuni tersebut. Misalnya, jika Anda sudah memulai bisnis tertentu mungkin perlu meningkatkan kemampuan di bidang manajemen.

6.Jadilah Diri Sendiri
Setiap orang mungkin memiliki minat, bakat, kemampuan dan alasan yang berbeda yang menjadi pertimbangan dalam memilih program studi di perguruan tinggi. Ikuti kata hati dan jadilah diri sendiri. Jangan memilih jurusan studi karena ikut-ikutan orang lain. Anda bahkan tetap bisa menjadi diri Anda sendiri setelah Anda selesai kuliah dan memiliki pekerjaan tetap tertentu. Meskipun suatu saat Anda sudah menjadi seorang dokter atau pengacara, Anda tetap bisa menjadi seorang penulis, seorang motivator, seorang petualang, seorang pengajar, seorang fotografer, seorang pengusaha, atau seorang profesional di bidang lainnya.

Itulah cara sukses memilih program studi di perguruan tinggi. Tidak ada lagi alasan untuk tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)