Tips Memberi Hadiah Natal untuk Anak

24 Desember 2014 Artikel Pendidikan


Bulan Desember lekat dengan nuansa Natal. Selain menghias pohon Natal dan berbelanja pernak pernik keperluan Natal, kado Natal adalah salah satu hal yang paling dinanti oleh anak-anak ketika Natal tiba. Banyak toko yang menawarkan berbagai macam kado Natal dengan berbagai macam bentuk dan pilihan.

Berikut tips untuk memberikan kado Natal yang spesial untuk anak Anda:

1. Kado yang bisa mengasah kemampuan dan mendidik

Banyak kado Natal yang bisa diberikan, akan tetapi tidak sedikit pula yang bisa membantu anak dalam mengasah dan mendidik kemampuannya, baik dalam bermain ataupun belajar. Di antaranya adalah puzzle, dengan menyatukan potongan-potongan puzzle bisa membantu anak untuk meningkatkan kreatifitas dan konsentrasi. Pada waktu menyusun potongan-potongan puzzle anak akan dituntut untuk berfikir dan bersabar dalam menyelesaikannya, sehingga dapat meningkatkan daya konsentrasi.

Kado yang lainnya adalah buku cerita bergambar atau buku ilmu pengetahuan bergambar seperti ensiklopedia anak misalnya. Buku-buku bergambar lebih diminati oleh anak-anak karena terlihat lebih menarik. Dengan memberikan buku bergambar dapat melatih kemampuan membaca dan pengetahuan sang buah hati.

2. Pilih sesuai dengan umur anak

Para orang tua terkadang cenderung membelikan sesuatu yang menurut mereka bagus tetapi tidak cocok untuk anak. Misalnya anak berumur satu atau dua tahun sebaiknya tidak usah diberikan mainan yang terlalu besar, tetapi mainan yang bisa mengeluarkan bermacam-macam bunyi atau warna yang aman dan dapat menarik perhatian mereka. Untuk anak usia TK bisa diberikan buku cerita bergambar untuk mengasah imaginasi dan kemampuan membaca.

3. Kado yang disukai anak

Bayangkan jika Anda sudah susah payah membelikan kado Natal untuk anak Anda, akan tetapi sang buah hati tidak menyukai pilihan kado Anda, Anda akan merasa sedih tentunya dan akan membuat anak Anda kecewa pastinya. Beberapa anak cenderung hanya menyukai satu atau dua mainan saja. Hal tersebut bisa dikarenakan, anak-anak biasanya mempunyai seorang tokoh karakter idola atau mainan yang sudah menjadi favorit mereka. Sebaiknya Anda tanyakan kepada anak Anda terlebih dahulu siapa yang anak Anda sukai atau idolakan. Atau Anda bisa mengamati anak Anda ketika bermain, kira-kira mainan apa yang paling mereka sukai.

4. Kado buatan sendiri

Jika Anda memiliki waktu luang, Anda bisa membuat kado Natal sendiri untuk putra/putri Anda. Misalnya, untuk para ibu, Anda bisa merajut sweater atau menjahit baju untuk buah hati Anda. Untuk sang ayah, Anda dapat membuat rumah-rumahan atau mobil mainnan yang terbuat dari balok kayu atau kardus. Ataupun dengan membuat kejutan, seperti mengecat atau mendekorasi ulang kamar anak Anda. Sehingga kado Natal akan lebih berkesan karena berbeda dengan kado-kado Natal yang lainnya.

5. Kado Natal tidak harus mainan

Kado Natal yang lainnya bisa berupa liburan ketempat wahana wisata atau rekreasi keluarga sehingga anak-anak dapat berinteraksi dengan dunia luar dan bermain dengan Anda. Anda pun dapat berkumpul dan mempererat hubungan Anda dengan buah hati Anda. Sehingga terjalin kedekatan serta komunikasi yang baik dengan anak Anda.

Jika masih bingung ingin membelikan hadiah apa, tidak ada salahnya menanyakan langsung pada anak apa yang mereka mau. Paling penting yang harus diingat, cobalah berikan anak hadiah yang bisa dikenangnya ketika mereka nantinya beranjak dewasa.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)