Tips Membentuk Kepercayaan Diri dalam Pekerjaan

26 Februari 2014 Artikel Pendidikan


Percaya diri dalam melakukan suatu hal merupakan peranan yang sangat penting bagi semua kalangan. Mungkin bagi Anda yang mempunyai rasa percaya diri tinggi sangat mudah membentuk kepercayaan diri dalam pekerjaan. Tapi bagi seseorang yang pemalu tentunya tidak mudah. Terkadang butuh usaha yang keras untuk membuang sifat pemalu ini. Rasa malu sama seperti halnya rasa takut. Terkadang takut tidak di dengarkan bahkan takut di tertawakan itu sering terjadi. Jika Anda tipe orang yang pemalu inilah saatnya Anda mengubahnya menjadi rasa percaya diri.

Seperti yang dilansir oleh geniusbeauty.com inilah trik dan tipsnya untuk Anda:

Cari Tahu Potensi Anda

Rasa malu dapat mengurangi keberhasilan, kesuksesan serta potensi yang Anda miliki. Jangan berpikir karena Anda tidak mempunyai pengalaman dibanding rekan Anda, Anda tidak mempunyai potensi seperti mereka. Anda dapat belajar dan mengembangkan terus potensi Anda. Semuanya hanya proses waktu. Terus kembangkan rasa percaya diri Anda dan raihlah sukses yang Anda inginkan.

Belajarlah Dari Orang Lain

Jangan pernah lelah belajar dari orang lain. Semua manusia mempunyai kelemahan dan kelebihan tidak ada yang sempurna. Tanyakan kepada diri Anda mengapa Anda harus malu dengan tindakan Anda jika itu benar. Jika Anda adalah seorang pekerja belajarlah dari rekan-rekan Anda yang lain. Bagaimana mereka bekerja, mengambil keputusan serta cara mereka membangun kepercayaan diri. Ambil sisi positif dari rekan-rekan Anda untuk membuat Anda lebih percaya diri.

Tingkatkan Kepercayaan Diri

Perasaan malu menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang memiliki tingkat kepercayaan diri yang cukup rendah. Anda takut tidak didengarkan, takut kata-kata dan tindakan Anda salah bahkan takut dengan reaksi orang di sekitar Anda. Jika hal ini terus Anda lakukan maka Anda tidak akan menjadi orang yang maju. Jika Anda benar jangan takut untuk mengekspresikan diri Anda. Jika pengetahuan Anda kurang maka sempurnakan dengan mencari pengetahuan yang lebih. Keyakinan, pengetahuan dan keahlian adalah modal Anda untuk meningkatkan harga diri.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)