Tips Membantu Anak Mengatasi Ketakutan pada Gelap

8 Maret 2019 Artikel Pendidikan


Kebiasaan anak untuk tidur di kamar sendiri memang dapat Anda latih semenjak usia dini, akan tetapi beberapa anak justru takut ketika tidur di kamar sendiri. Salah satu alasannya dikarenakan takut gelap. Terlebih lagi ketika tidur lampu kamar di matikan maka akan membuat mereka ketakutan dan berimajinasi mengenai hal-hal yang akan muncul pada waktu gelap.

Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa tidur dengan kondisi kamar yang gelap sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Hal ini karena kemampuan tubuh untuk memproduksi hormon melatonin adalah pada waktu tidak ada cahaya. Hormon melatonin adalah hormon yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit berbahaya seperti kanker. Oleh karena itu, penting sekali untuk mematikan lampu ketika tidur.

Berikut tips membantu anak mengatasi rasa takut gelap:
1. Kenali penyebab ketakutan gelap pada anak

Cobalah untuk berbicara dengan anak dan tanyakan mengenai hal yang membuat mereka ketakutan ketika gelap. Jangan pernah menertawakan ketakutan anak karena akan membuat mereka merasa di perolok-olokan. Apabila anak Anda mengatakan hal-hal yang tidak masuk akal seperti takut hantu, sebaiknya Anda jangan membenarkan hal tersebut. Berikan pengertian kepada mereka mengenai hal tersebut dengan penjelasan yang masuk akal.

2. Latih anak dalam kegelapan
Untuk mengatasi takut gelap pada anak, Anda bisa melatihnya dengan melakukan berbagai aktivitas dalam kegelapan. Salah satu contohnya yaitu mengajak anak untuk makan malam tanpa di terangi lampu dan hanya menggunakan lilin. Anda juga bisa mengajak anak mendengarkan musik dengan lampu kamar di matikan. Dengan begitu anak Anda akan terbiasa dan merasa nyaman ketika berada dalam kondisi gelap meskipun sendirian. Cara seperti ini harus dilakukan dengan penuh kesabaran karena membutuhkan waktu yang tidak sebentar sehingga anak terbiasa.

3. Berikan keyakinan pada anak
Kebanyakan anak tidak bisa tidur nyenyak ketika lampu kamar di matikan. Anak-anak cenderung ketakutan dan merasa tidak nyaman. Kecemasan tersebut tentunya akan mempengaruhi kualitas tidur dan mengganggu perkembangan anak. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya Anda meyakinkan anak bahwa kegelapan akan membuat mereka baik-baik saja. Selain itu, berikan penjelasan pada anak bahwa ketika gelap tidak akan ada yang mengganggu mereka. Dengan begitu diharapakan anak akan tenang dan bisa tidur dengan nyaman

4. Latih anak untuk percaya diri
Cobalah untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak sebagai salah satu cara untuk membuatnya berani menghadapi kegelapan. Dengarkan setiap keluhan anak mengenai ketakutan pada malam hari dan ajarkan cara untuk mengatasi ketakutan tersebut. Kepercayaan diri akan membuat anak lebih berani dan terbiasa tidur sendiri meskipun dalam keadaan gelap.

5. Ajarkan anak untuk mengontrol situasi
Anda bisa mengantisipasi rasa takut yang dirasakan oleh anak dengan mengontrol ketakutannya. Salah satu contohnya yaitu dengan menaruh lampu tidur di pinggir tempat tidurnya sehingga ketika ketakutan, anak bisa langsung menyalakan lampu tersebut dengan mudah. Hal ini akan mendukung anak sehingga terbiasa dan memiliki keberanian untuk tidur sendiri meskipun dalam keadaan lampu kamar di matikan.

Semua permasalahan ketakutan gelap yang dihadapi oleh anak Anda sebaiknya dapat Anda sikapi, sebagai orang tua yang memberikan peranan positif sehingga rasa takut gelap dapat tertangani.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)