Tips Membangkitkan Motivasi Anak dalam Belajar

4 Oktober 2018 Artikel Pendidikan


Zaman sekarang sebagian besar orangtua mungkin sangat mengerti sulitnya mendorong anak untuk melakukan kewajiban sebagai penerus bangsa, yaitu belajar. Tidak jarang kita melihat sejumlah orang tua yang harus meminta bantuan guru les untuk membantu mereka dalam membimbing anak untuk belajar. Tapi tahukah Anda bahwa cara tersebut tidak sepenuhnya tepat? Sejumlah anak yang memang tidak menemukan kenyamanan dalam belajar, sekalipun ada seseorang yang membimbingnya, mereka tetap tidak bersemangat. Alasannya, hampir bisa dipastikan, karena mereka merasa terpaksa. Mereka hanya mengikuti permintaan dan menuruti perintah orangtuanya.

Memaksa anak untuk belajar tidak akan memberikan perubahan apa-apa pada prestasinya, setidaknya tidak lebih baik dibanding memberikan anak motivasi untuk belajar dengan menemukan kenyamanan anak sendiri dalam belajar. Motivasi belajar lah yang mereka lebih butuhkan dari Anda, para orang tua.

Berikan Pandangan tentang Masa Depan Anak

Jika Anda menganggap bahwa pendidikan adalah sesuatu yang baik dan berguna bagi masa depan, maka Anda perlu mengemukakan alasan tersebut melalui cara yang tidak mendoktrin. Gunakan pendekatan yang Anda rasa akan membuat nyaman ketika mendengar alasan itu dari Anda, sehingga aksi Anda akan cenderung jauh lebih efektif. Pada intinya, Anda perlu bersikap secara lebih terbuka pada anak Anda.

Ajak Anak untuk Berbagi

Mengajak anak untuk menyusun masa depannya bisa jadi merupakan salah satu motivasi belajar yang paling efektif. Sudahkah Anda mengajak anak untuk menentukan cita-cita dan tujuan hidupnya? Apakah Anda merasa anak terlalu muda untuk memikirkannya? Selain itu, sesi berbagi dengan keluarga seperti ini, bisa mendekatkan hubungan Anda dengan anak. Tumbuh kembang anak sangat terpengaruh oleh kualitas diskusi semacam ini yang dapat anak dapatkan hanya dari lingkungan rumah.

Ajak Anak ke Tempat-Tempat Edukatif

Pernahkah Anda mengajak anak Anda ke pameran seni? Acara semacam ini bisa meningkatkan motivasi anak untuk belajar dan menekuni bidang yang mereka sukai? Pameran seni ini hanyalah contoh dari sekian tempat atau sarana edukatif yang dapat Anda kenalkan pada anak untuk membantu anak menemukan kenyamanannya dalam belajar, sesuai dengan kesukaannya masing-masing. Jika perlu, Anda bisa mengajak anak berkunjung ke berbagai tempat berbeda guna memberikan mereka pandangan tentang banyaknya hal yang ada di dunia ini.

Berikan Keleluasaan yang Bertanggung Jawab

Tidak semua anak memiliki kemampuan seimbang dalam berbagai materi pelajaran di sekolah, dan orang tua yang bijak mampu menanggapi persoalan ini dengan bijak pula. Jangan paksa anak untuk menguasai hal yang memang sulit untuk dia pahami. Berikan anak keleluasaan untuk menekuni bidang yang dia sukai dan mampu dia pelajari dengan lebih baik. Sikap ini dapat membantunya untuk lebih fokus dalam suatu hal dan membuat motivasi belajar mereka justru lebih tinggi.

Sedangkan untuk bidang yang anak susah pahami, Anda bisa memberikannya target dan batas, supaya anak bisa tetap bertanggung jawab atas hal itu.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)