Tips Liburan yang Lebih Berkualitas

19 Juni 2017 Artikel Pendidikan


Melakukan sebuah perjalanan adalah hal yang diimpikan oleh banyak orang. Apalagi bagi mereka yang biasanya suntuk dengan rutinitas dunia kerja. Agar sebuah perjalanan yang kita inginkan sesuai dengan yang direncanakan, kita harus memikirkan segalanya. Pikirkan dulu Anda ingin ke mana dan berapa lama berlibur. Ketika kita menemukan hal itu barulah semua disesuaikan dengan kocek dan kemampuan fisik yang kita miliki.

Mengisi masa liburan seringkali diisi dengan mengunjungi mal-mal, supermarket atau department store. Selain bisa berbelanja juga dekat dengan tempat tinggal. Namun sesekali berwisata alam bisa menjadi pilihan menarik untuk liburan keuarga.Banyak alternatif wisata alam yang dapat dipilih seperti pegunungan, hamparan kebun teh, atau menikmati suasana laut dan keindahan pantainya.

Manfaat yang diperoleh dari berwisata ke luar kota juga sangat banyak, meskipun terkadang membutuhkan dana yang cukup besar, namun niscaya tidak sebanding dengan hasil dan kepuasan yang didapatkan. Malah justru baik untuk memperat hubungan dalam keluarga dan pertumbuhan anak-anak dalam berkomunikasi, mempelajari arti geografi, belajar tentang nilai kehidupan dan kesederhanaan, dan secara tidak langsung melatih anak.

Melalui wisata alam kita juga dapat belajar bagaimana bersosialisasi dan berbagi tanggung jawab. Mulai dari merencanakan dan mempersiapkan perjalanan, serta memilih dan memilah bekal yang akan dibawa. Setiap anggota keluarga akan bertanggung jawab terhadap pilihannya. Orang tua bisa mengajarkan dan mendidik langsung nilai hidup manusia dan kenyataan masyarakat yang dikunjunginya. Menjadi sebuah quality time berdiskusi terhadap sebuah fenomena tertentu.

Jalan-jalan ke Kampung Naga di Tasikmalaya, Jawa Barat atau Suku Badui di propinsi Banten, salah satu contoh tujuan liburan yang sempurna. Masyarakatnya yang masih memegang teguh adat nilai-nilai budaya secara turun-temurun. Menjaga kehidupan selaras dengan alam sebagai pelajaran yang amat berharga membuka pikiran dan jiwa saat travelling ke sana. Kita akan merasakan kembali ke alam sekaligus meresapi kebudayaan yang tenang, sejuk dan damai.

Dengan berwisata alam kita akan bertemu berbagai jenis masyarakat dari berbagai suku bangsa, budaya dan bahasa yang akan membuat kitas semakin kagum akan kekayaan Indonesia. Melalui wisata alam kita dapat memperoleh pengetahuan lintas budaya dan ilmu geografi serta fenomena alam. Kita juga dapat belajar menghargai perbedaan dari bermacam ras dan suku. Hal ini menjelaskan bahwa manusia hidup membutuhkan orang lain tanpa memandang perbedaan.

Untuk melakukan wisata alam, bisa dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan jasa transportasi darat, laut dan udara. Dan di daerah tujuan, dapat dinikmati dengan berjalan kaki atau bersepeda tergantung kenikmatan tujuan obyek wisata alam yang diinginkan.

Memang tidak mudah membuat liburan berkualitas. Butuh waktu dan perhatian yang tak sedikit. Namun jika Anda sudah terbiasa, pasti akan terasa lebih ringan. Bahkan dari waktu ke waktu semua anggota keluarga akan makin kreatif merancang liburan berkualitas. Dan yang lebih penting, hasilnya sepadan.

Ahirnya, selamat berlibur, semoga liburan Anda menjadi liburan yang berkualitas.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)