Tips Liburan Saat Keuangan Menipis

9 Maret 2018 Artikel Pendidikan


Anda berencana bepergian bersama keluarga atau teman-teman di musim liburan ini? Yang perlu Anda persiapkan menjelang liburan nanti tentunya bukan hanya akomodasi dan lokasi wisata, tetapi juga keuangan. Saat keuangan menipis, bukan menjadi alasan untuk tidak berlibur. Meskipun banyak sekali orang yang malas untuk melakukan liburan karena alasan dana. Terutama saat keuangan sedang menipis. Padahal sebenarnya hal ini bisa Anda siasati dengan melakukan liburan hemat.

Liburan hemat tentunya bukan liburan yang banyak mengeluarkan dana. Anda harus membuat planning secara cermat agar bisa liburan dengan dana seminim-minimnya agar Anda bisa tetap berhemat. Meskipun liburan bersama keluarga tidak memakan biaya yang besar, Anda juga tetap bisa merasakan sensasi liburan yang menyenangkan. Kunci dari liburan hemat ialah dengan menekan biaya seminim mungkin seperti memilih tujuan wisatanya, memilih penginapan, mencari tempat kuliner yang murah dan lain sebagainya. Nah sebelumnya Anda harus melakukan riset terlebih dahulu agar bisa mengetahuinya.

Berikut beberapa tips menarik bagi Anda yang ingin melakukan liburan hemat:
1.Hal yang pertama kali Anda putuskan adalah memilih obyek wisata.
Untuk bisa berhemat tentunya carilah tempat wisata yang dekat dengan rumah sehingga tidak memerlukan ongkos yang besar untuk menuju lokasinya.

2.Pilihlah tempat wisata yang tidak terdapat loket alias tidak membutuhkan karcis untuk masuk.
Biasanya tempat wisata pasti terdapat karcis retribusi untuk masuk. Namun carilah yang gratis untuk menghemat biaya liburan anda.

3.Nah jika Anda ingin berlibur di tempat yang jauh pasti membutuhkan penginapan untuk bermalam.
Anda bisa memilih alternatif penginapan yang lebih murah.

4.Ketika Anda liburan pasti tidak lengkap rasanya jika tidak makan.
Untuk itu daripada membayar mahal untuk membeli makanan di tempat sekitar, lebih baik membawa bekal dari rumah karena bisa menghemat hingga berlipat-lipat.

5.Berlibur tanpa membawa oleh-oleh atau souvenir pasti ada yang kurang.
Banyak sekali penjual yang menawarkan cinderamata cantik di tempat wisata. Anda harus pandai-pandai menawar barang agar bisa mendapatkan harga yang murah.

Jika budget Anda sangat terbatas, terdapat beberapa opsi liburan hemat yang bisa Anda lakukan. Memang fasilitasnya mungkin tidak sebagus liburan dengan harga mahal, namun sensasi liburannya tetap bisa Anda dapatkan untuk mengusir kejenuhan. Liburan tidak harus pergi ke tempat wisata, ciptakan liburan Anda sendiri untuk mengusir kejenuhan.

Jadi bagi Anda yang mungkin sedang memiliki keuangan yang menipis tidak perlu takut keluar biaya banyak untuk berlibur. Anda tetap bisa menikmati liburan hemat bersama keluarga untuk merefresh kembali hidup Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)