Tips Liburan Natal dan Akhir Tahun Agar Efektif dan Nyaman

24 Desember 2013 Artikel Pendidikan


Libur telah tiba, begitu kira-kira suara anak-anak sekolah yang girang dengan tibanya hari libur semesteran. Walaupun hanya dua minggu tetapi tentu merupakan waktu yang cukup panjang untuk mereka bermain dan bersenang-senang sejenak melupakan pelajaran sekolah. Bagi umat Kristiani senangnya dobel karena sebentar lagi Natal dan tahun baru akan tiba pula. Sebagian besar orang tua mengajak anak-anak untuk berlibur ke tempat-tempat wisata yang tersebar di Indonesia.

Agar liburan akhir tahun anda terasa nyaman dan menyenangkan berikut tips liburan tahun baru, bagaimana cara memanfaatkan liburan natal dan tahun baru anda secara efektif dan nyaman.

Tips Liburan Natal dan Akhir Tahun Agar Efektif dan Nyaman

1. Persiapan Liburan Akhir Tahun

Yang perlu disiapkan untuk menyambut liburan tahun dan natal adalah rencanakan destinasi liburan Anda, transportasi dan akomodasi seperti apa yang akan digunakan serta akan menggunakan kartu kredit atau uang tunai. Sekilas memang terlihat sepele, namun hal tersebut bisa berakibat fatal.

2. Paket Liburan Akhir Tahun

Biasanya ketika menjelang libur akhir tahun banyak paket liburan akhir tahun dan natal yang murah-murah. Mungkin tidak ada salahnya untuk mencobanya. Pilih paket liburan yang ditawarkan melalui website traveling melalui internet, karena harganya bisa lebih murah daripada anda melakukan liburan sendiri. Keuntungan menggunakan paket anda tidak perlu khawatir dan binggung tentang objek mana saja yang akan anda kunjungi dan tempat penginapan karena sudah diatur oleh agen travel Anda.

3. Hindari Tempat Liburan Langganan Macet

Sebisa mungkin hindarilah memilih kota tujuan wisata akhir tahun yang menjadi langganan macet seperti puncak, dufan, malioborro dan tempat-tempat wisata terkenal lainnya. Pilihlah tempat yang jauh dari keramaian namun tetap indah dan mengesankan seperti di daerah pedesaan di tempat wisata dieng dsb.

4. Sesuaikan Tujuan Liburan Anda

Saat menentukan tujuan liburan yang bisa dinikmati bersama memang gampang-gampang susah. Sebisa mungkin menyesuaikan kondisi lokasi dan juga bentuk liburan dengan mempertimbangkan siapa saja yang akan ikut liburan akhir tahun tersebut. Berlibur bersama anak-anak ? Jangan lupakan mempertimbangkan berbagai wahana liburan untuk anak-anak yang biasanya menyisipkan unsur pendidikan. Jika mengajak orang tua, tentu tempat wisata, kegiatan dan waktu perjalanan juga disesuaikan dengan kondisi orang tua.

5. Buatlah Daftar Barang Bawaan

Tips liburan akhir tahun dan natal selanjutlah adalah buatlah ceklist barang bawaan anda sebelum berangkat hal tersebut berguna agar tidak ada barang yang tertinggal, mulailah dari barang - barang terpenting seperti kartu atm, identitas diri carger ponsel atau camera dll. Jangan membawa barang terlalu banyak dan berlebihan karena akan merepotkan anda ketika harus memindah - mindahkan barang dari satu tempat ke tempat yang lain. Jangan lupa bawa selalu perlengkapan P3K setiap liburan.

Sebagai tambahan tips liburan tahun baru, pastikan berada pada kondisi sehat dan bugar karena jika pada saat liburan natal atau tahun baru ada salah satu anggota yang sakit maka liburan Anda akan menjadi tidak menyenangkan.

Semoga tips libur akhir tahun ini bisa bermanfaat untuk anda. Selamat berlibur

Oleh: Iman S
(Dikutip dari berbagai sumber)