Tips Kebiasaan Efektif Membantu Anda Saat Belajar

13 Mei 2018 Artikel Pendidikan


Tidak ada orang yang belajar dengan cara yang sama, dan ada sedikit keraguan bahwa cara untuk satu orang mungkin tidak efektif bagi orang lain. Namun, ada beberapa teknik umum yang tampaknya menghasilkan hasil yang baik. Akan sangat menarik jika belajar itu tidak di anggap bekerja tetapi kesenangan atau kebiasaan. Kebiasaan belajar yang efektif saat belajar membuat dunia Anda berbeda dengan mereka yang tidak mempunyai kebiasaan yang efektif saat belajar. Mereka dapat berarti perbedaan antara lulus dan gagal.

Dengan teknik belajar yang baik, Anda juga akan dapat belajar dengan waktu yang sedikit tapi dengan hasil yang lebih baik. Bukankah itu cukup untuk membuat Anda ingin mulai belajar yang lebih baik? Ini tidak sulit untuk mengembangkan kebiasaan belajar yang efektif. Anda tidak harus muda untuk memulainya. Siapapun dapat mempelajari cara yang tepat untuk belajar, tanpa memandang usia mereka.

Berikut beberapa tips kebiasaan efektif yang akan membantu Anda saat belajar:
1. Belajar di tempat yang tenang.
Anda harus cari tempat yang tenang dan nyaman yang kemungkinan Anda akan mudah fokus saat Anda belajar, Anda tentu tidak ingin banyak gangguan ketika Anda mencoba untuk belajar. belajar di depan TV bukanlah ide yang baik untuk belajar karena Anda akan lebih fokus memperhatikan TV dari pada fokus apa yang sedang Anda pelajari. Jika rumah Anda terlalu berisik, cobalah untuk belajar di perpustakaan terdekat atau ke tempat tempat yang lebih tenang, itu akan membuat Anda lebih fokus dan mudah memahami apa yang sedang Anda pelajari.

2. Buat Jadwal waktu untuk belajar.
Sangat penting bahwa Anda harus menyisihkan cukup waktu untuk belajar dan menyelesaikan semua tugas Anda. Jadilah proaktif dan rencanakan jauh-jauh hari sebelum tanggal tes datang. Ini jauh lebih efektif untuk belajar dengan waktu yang singkat di hari-hari menjelang tes daripada belajar selama berjam-jam di malam sebelum ujian. itu akan membuat Anda tidak dapat konsentrasi saat tes datang,

3. Cobalah untuk meniru kondisi tes.
Penelitian telah menunjukkan bahwa dengan belajar di lingkungan yang mirip dengan salah satu di mana Anda akan mengikuti tes, jadi saat Anda belajar Anda harus merasa bahwa Anda sedang mengikuti tes, jika rasa itu ada pada diri Anda, maka Anda akan lebih mudah berkonsentrasi dan fokus pada apa yang Anda pelajari.

4. Buat catatan.
Sangat penting bahwa Anda harus membuat catatan baik di kelas ataupun pada setiap bacaan yang Anda pelajari. Anda hanya perlu mencatat bagian bagian pokoknya saja, yang penting Anda memahami apa yang Anda catat. dengan mencatat Anda akan lebih mudah mempelajarinya, karena yang Anda catat singkat tapi mudah untuk di paham, jadi Anda lebih menikmati saat membaca catatan Anda.

5. Prioritaskan.
Jangan jatuh ke dalam perangkap menyelesaikan tugas yang paling mudah terlebih dahulu. hal ini banyak di lakukan setiap orang. dan Hal ini sering membuat banyak waktu untuk tugas-tugas yang lebih menantang yang mungkin lebih penting. Prioritaskan semua pekerjaan Anda, sehingga Anda dapat memastikan bahwa Anda dapat melakukan segala sesuatu yang perlu Anda lakukan.

6. Ambil istirahat.
Ketika Anda belajar untuk jangka waktu yang lama, pikiran Anda mulai akan merasa membosankan atau kurang efektif. Untuk mengatasi ini Anda harus mengambil 5 menit istirahat pendek setiap jamnya. Lakukan beberapa peregangan, meraih camilan sehat, atau berjalan-jalan singkat. Anda akan menemukan bahwa Anda akan datang kembali dengan lebih segar dan siap untuk belajar lagi dan lagi.

7. Menghafal.
Biasakan Anda untuk menghafal setiap pelajaran baru, tapi yang perlu Anda hafalkan hanya bagian pokoknya saja. jika cara itu Anda lakukan maka Anda akan lebih menikmati dan tidak merasa bosan ketika Anda mencoba menghafal pelajaran baru. itu juga akan membuat Anda lebih siap menghadapi tes yang akan datang. menghafal juga dapat mempertajam daya ingat Anda.

Belajar itu memang kegiatan yang perlu dilakukan sepanjang hidup. Itulah cara yang dapat Anda pratekkan untuk mempunyai kebiasaan yang efektif saat belajar.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)